Lawan Kata Slow Motion Adalah Ini

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai lawan kata slow motion.

 

Slow motion adalah gerak lambat, ini biasanya muncul pada video untuk memberi kesan sinematik.

 

Slow Motion sendiri banyak digunakan oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia videografi. Misalnya oleh konten kreator video.

 

Pengguna Tiktok, Vlogger termasuk MotoVlog, hingga pengguna IG dan FB sekarang banyak menggunakan efek slow motion untuk memberi kesan tersendiri pada video yang dibuat atau dieditnya.

 

Faktanya di dunia videografi, selain slow motion juga ada efek lain yang bisa membuat video yang dihasilkan bisa lebih dramatis.

 

Lalu lawan dari slow motion apa ya?

 

Lawan Dari Slow Motion

Lawan Kata Slow Motion Adalah Ini

Lawan kata slow motion adalah fast motion atau gerak cepat. Di videografi, efek fast motion juga bisa ditemukan pada fitur time lapse.

 

Time lapse sendiri adalah efek atau fitur yang merupakan lawan dari slow motion. Jika slow motion memperlambat gerakan di video, maka time lapse sebaliknya yakni mempercepat gerakan di video.

 

Time lapse bisa didapat dari fitur kamera dan juga bisa didapat dari hasil editing di aplikasi atau software editing video.

 

Berikut adalah salah satu contoh efek video fast motion (dari aplikasi edit video):

 


Dan di bawah ini adalah salah satu contoh efek time lapse (dari kamera):

 


Sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan efek time lapse terutama jika kita menyorot pemandangan dari jendela samping bus, mobil, hingga kereta.

 

Apa alasannya? Alasannya adalah karena time lapse atau mempercepatan gerakan di posisi tersebut bisa membuat kepala menjadi pusing hingga kita merasakan mual.

 

Kapan Time Lapse Digunakan?

Biasanya time lapse digunakan untuk menangkap video yang biasanya berjalan lambat atau pelan. Misalnya saja time lapse dapat digunakan untuk membuat video tumbuhan yang tumbuh, gerakan awan di langit, hingga keramaian orang dan kendaraan di jalan.

 

Jika hendak merekam tumbuhan yang tumbuh, kita bisa menempatkan kamera secara sejajar. Sedangkan jika ingin mengambil pergerakan dari awan, maka arahkan kamera ke atas.

 

Dan untuk merekam lalu lalang orang atau kendaraan di jalan, sebaiknya ambil video dari sudut atas menuju arah bawah. Ini bertujuan agar gambar yang diambil bisa lebih luas.

 

Time Lapse Untuk MotoVlog? Kenapa Tidak!

Kami sendiri sering menggunakan time lapse atau fast motion untuk video motovlog. Biasanya ini untuk mempercepat video perjalanan jika kita hendak pergi ke suatu tempat.

 

Jadi konsepnya adalah dari pada videonya di-cut atau dipotong, lebih baik dipercepat saja. Hanya saja, perhatikan beberapa hal sebelum menerapkan efek fast motion, yakni:

  • Usahakan video tidak banyak goyang, jika banyak goyang dan diberi efek fast motion atau time lapse dapat membuat kita pusing saat melihatnya
  • Jangan terlalu banyak memberi efek fast motion di aplikasi edit video. Biasanya akan ada ukuran dalam mempercepat video. Tapi usahakan jangan terlalu banyak karena dapat membuat kita pusing juga saat melihatnya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....