Kunci Socket Biasanya Berukuran 6 mm Sampai Ukuran Ini

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran kunci socket yang biasanya berkisar di ukuran tertentu.

 

Bicara soal kunci socket, kunci yang satu ini merupakan kunci hand tools yang digerakan menggunakan tenaga tangan manusia.

 

Kunci socket sendiri menjadi salah satu kunci yang populer, sama halnya seperti kunci pas dan kunci ring yang memang biasa digunakan untuk keperluan bengkel atau rumahan sekali pun.

 

Nah bicara soal ukuran dari kunci socket, mari kita bahas bersama dalam artikel ini.

 

Ukuran Kunci Socket

Kunci Socket Biasanya Berukuran 6 mm Sampai Ukuran Ini


Kunci Socket Biasanya Berukuran 6 mm Sampai Ukuran 32 mm. Ini karena biasanya baut-baut yang umum digunakan berada di kisaran ukuran tersebut.

 

Tetapi meski begitu, sudah jarang kami temukan produsen yang menjual kunci socket dengan ukuran mata kunci secara full seperti apa yang tertera di atas.

 

Pasalnya, biasanya para produsen menarik minat pembeli dengan menawarkan kelengkapan mata kunci yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan.

 

Misalnya saja, paket kunci socket ukuran 8 mm hingga 22 mm, atau paket kunci socket ukuran 6 mm hingga ukuran 17 mm.

 

Sekali ini, trik ini ditujukan oleh produsen agar menarik calon pembelinya. Sebab tak jarang, banyak yang enggan membeli set kunci sock karena merasa tidak butuh dengan ukuran kunci tertentu.

 

Ini juga yang jadi alasan kenapa kunci socket bisa dibeli juga secara ketengan, meski memang harganya jadi lebih mahal.

 

Jenis Ukuran Diameter Soket Kunci

Diameter soket yang kami maksud bukan diameter mata kunci misal ukuran 8 mm, 10, mm, 12 mm, dan seterusnya ya.

 

Tetapi diameter soket ini berkenaan dengan ukuran soket atau “sambungan” antara mata kunci dengan handle atau gagang kunci.

 

Adapun berdasarkan diameter soket kunci, dibedakan menjadi sebagai berikut:

  • 1/4 Inchi

Biasanya kunci sok yang menggunakan ukuran soket 1/4 merupakan kunci sok yang memiliki ukuran mata kunci yang kecil yakni mulai dari ukuran 5.5 mm hingga paling besar ukuran 14 mm. Kunci sok dengan ukuran ini biasanya diperuntukan untuk perkakas rumah tangga yang memang biasanya tidak membutuhkan baut yang ukurannya terlalu besar.

 

  • 3/8 Inchi

Ukuran soket 3/8 merupakan ukuran kunci sok yang jarang digunakan di bengkel karena ukurannya yang nanggung dan tentunya membuat pergantian (jika ada kerusakan pada salah satu mata kunci) jadi sedikit menyulitkan. Kunci sok dengan ukuran ini biasanya diperuntukan untuk ukuran mata kunci 7 mm hingga 22 mm.

 

  • 1/2 Inchi

Ukuran soket kunci yang ini cukup familiar di bengkel-bengkel. Hal tersebut karena biasanya ukuran kunci ini yang sering digunakan. Kunci soket dengan ukuran ini biasanya memuat mata kunci untuk ukuran 8 mm hingga ukuran 32 mm.

 

  • 3/4 Inchi

Selanjutnya ada ukuran 3/4 inchi yang mana ukuran soket ini terbilang besar dan biasanya digunakan untuk membuka roda pada mobil yang butuh ukuran kunci yang besar. Mata kunci yang biasanya dapat dimasukan pada soket ukuran ini adalah mulai dari ukuran 17 mm hingga ukuran 60 mm.

 

  • 1 Inchi

Terakhir ada ukuran 1 inchi yang jarang digunakan pada kendaraan bermotor seperti mobil dan motor karena ukuran soket 1 inchi digunakan untuk mata kunci berukuran 36 mm hingga ukuran 80 mm.

 

Catatan: Jika ukuran drive hole atau ukuran diameter soketnya adalah 1/4 inchi, maka antara ukuran gagang atau handle dengan mata kunci harus sama yakni 1/4 inchi. Jadi jika pada mata kunci ukuran soketnya adalah 1/4 inchi lalu gagangnya berukuran 1 inchi, maka itu tidak akan masuk. Selain itu, jika pada bagian handle atau gagang terdapat ball lock, maka mata kunci pun harus merupakan mata kunci khusus ball lock agar mata kunci dapat klop dengan handle-nya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....