Ketika Menggunakan Ratchet Sebaiknya Socket Terpasang Dengan Baik Pada Bagian Ini

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Ketika menggunakan ratchet sebaiknya socket terpasang dengan baik pada bagian apa?

 

Kunci ratchet adalah salah satu jenis kunci socket yang dibedakan berdasarkan jenis gagangnya atau handle-nya.

 

Kunci ratchet sendiri berbeda dengan kunci socket biasa, sebab kunci ratchet punya keunggulan dan juga pantangan tersendiri.

 

Salah satu keunggulan dari kunci ratchet adalah pengenduran dan pengencangan baut bisa lebih cepat karena kita tinggal putar saja gagang ratchet tanpa perlu melepaskan kunci pada baut atau mur.

 

Ciri yang melekat pada handle ratchet adalah ia berbunyi krek-krek saat diputar ke arah yang tidak ditentukan.

 

Nah bicara soal pemasangan, kira-kira apa yang harus diperhatikan ketika memasangkan mata kunci ke handle ratchet?

 

Ketika Menggunakan Ratchet Sebaiknya Socket Terpasang Dengan Baik Pada Bagian Apa?

Ketika Menggunakan Ratchet Sebaiknya Socket Terpasang Dengan Baik Pada Bagian Ini

Ketika menggunakan ratchet sebaiknya socket terpasang dengan baik pada bagian adjustable atau adaptor. Ngomong-ngomong, pastikan tiap bagian terpasang dengan benar, ini agar meminimalisir terjadinya kerusakan.

 

Sebagai tips tambahan, sebaiknya kunci ratchet tidak digunakan untuk memasang baut dan mur yang belum terpasang atau belum dilonggarkan (masih punya torsi tinggi).

 

Selain itu, hindari juga memukul bagian kepala ratchet dengan palu dengan tujuan menurunkan torsi baut atau mur.

 

Pasalnya, memukul area kepala ratchet dapat membuat ratchet mengalami kerusakan sehingga sistem kerjanya tidak berfungsi lagi (ngelos).

 

Kapan Waktu Yang Cocok Untuk Menggunakan Kunci Ratchet?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kunci yang satu ini tidak cocok untuk beberapa kondisi seperti baut dan mur yang masih bertorsi besar atau baut dan mur yang belum terpasang.

 

Oleh karenanya, kunci ratchet sendiri sebaiknya digunakan pada kondisi-kondisi yang cocok seperti saat baut dan mur tidak terlalu keras torsinya atau saat baut dan mur sudah terpasang (tidak berpisah).

 

Kunci ratchet sendiri punya keunggulan yakni lebih efektif dalam melepas atau mengecangkan baut dan mur karena kita tidak usah melepas kunci saat memutar baut dan mur.

 

Ini berbeda dengan kunci seperti kunci pas atau kunci socket biasa misalnya. Tetapi setiap kelebihan pasti ada kekurangan, dan salah satu kekurangan serti kelebihan dari kunci yang satu ini sudah kita bahas di atas.

 

Pentingkah Kunci Ratchet?

Jika kalian membeli satu set kunci socket dan dapat handle ratchet, kami rasa pertanyaan ini akan sedikit kurang relevan, karena toh kalian sudah dapat handle-nya.

 

Tetapi jika kalian belum punya gagang ratchet dan mempertimbangkan untuk beli gagang kunci ini atau tidak, maka jawabannya akan sangat tergantung.

 

Gagang kunci socket biasa sebenarnya sudah sangat cukup, dan jika ingin yang lebih efektif dalam melepas baut dan mur, ada opsi impact maupun kunci T sebagai hand tool-nya.

 

Pada akhirnya, penting atau tidaknya handle ratchet akan tergantung pada kebutuhan kalian. Jika ingin punya set hand tool yang lengkap, tentu kunci socket harus ada ratchet, gagang momen/ torsi, hingga gagang biasanya.

 

Tetapi jika kita adalah kaum yang merasa cukup dengan gagang biasa, ya ini juga tidak masalah, hehe.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x