Hewan dan Tumbuhan Adalah Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Apa???

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai hewan dan tumbuhan adalah contoh sumber daya alam yang dapat apa?

 

Menarik jika kita sedikit flashback membahas pelajaran-pelajaran IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam. Pasalnya, IPA ini mencakup cabang ilmu lain seperti fisika hingga kimia.

 

Fisika, kimia, dan matematika sendiri banyak digunakan sebagai ilmu mendasar dalam pembuatan, perakitan, perawatan, hingga penggunaan kendaraan bermotor termasuk sepeda motor.

 

Mungkin ini adalah artikel yang sangat-sangat mendasar, tetapi tidak ada salahnya jika ulas kembali mengenai hal ini.

 

So, buat para bikers yang mulai lupa dengan apa yang hendak kita bahas, ayo kita pindah ke sub judul di bawah.

 

Hewan dan Tumbuhan Adalah Contoh Sumber Daya Alam

Hewan dan Tumbuhan Adalah Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Apa???

Hewan dan tumbuhan adalah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau jumlahnya cenderung melimpah bila dibandingkan dengan Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui.

 

Berbeda dengan SDA(Sumber Daya Alam) yang tidak dapat diperbaharui seperti batu bara, minyak bumi, atau emas, SDA yang dapat diperbaharui punya ciri yakni bisa melakukan regenerasi.

 

Regenerasi di sini maksudnya adalah SDA yang dapat diperbaharui akan muncul kembali dengan cara berkembang biak (mungkin definisinya sedikit berbeda dengan definisi regenerasi dalam Biologi).

 

Ini berbeda dengan minyak bumi, batu bara, atau emas di mana bahan tambang tersebut tidak bisa berkembang biak.

 

Jika tidak bisa berkembang biak, tentu SDA yang tidak dapat diperbaharui lambat laun akan habis.

 

Ngomong-ngomong, air sendiri termasuk pada SDA yang dapat diperbaharui. Namun air melakukan regenerasi tidak dengan cara berkembang biak, tetapi dengan siklus hujan seperti proses penguapan, terbentuknya awan, hingga turun hujan.

 

Hewan dan Tumbuhan Juga Bisa Habis

Pada dasarnya meski hewan dan tumbuhan termasuk pada SDA yang dapat berkembang biak dan terkategori di SDA yang dapat diperbaharui, namun hewan dan tumbuhan juga bisa habis.

 

Sebut saja, kini banyak hewan yang sudah punah bahkan ada yang terancam punah. Lalu, kenapa hewan dan tumbuhan tidak masuk ke SDA yang tidak dapat diperbaharui?

 

Alasannya adalah karena secara dasar, hewan dan tumbuhan bisa melakukan perkembang biakan. Namun karena faktor “X”, pada akhirnya hewan dan tumbuhan ini bisa punah.

 

Salah satu alasan kepunahan hewan dan tumbuhan adalah karena bencana alam, perubahan iklim ekstrim, hingga eksploitasi dari manusia yang berlebihan.

 

Ambil contoh, misal ada hewan yang berkembang biak secara lambat (puluhan tahun sekali), lalu oleh manusia diburu setiap hari.

 

Ketimpangan di atas tentu bisa membuat hewan menjadi punah karena perburuan dilakukan lebih banyak ketimbang proses kelahiran dari hewan yang diburu.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....