Berikut Ini Yang Bukan Penyebab Terjadinya Kopling Slip Adalah? Cek Sini Sob!!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai yang bukan penyebab terjadinya kopling slip.

 

Pembahasan ini mengerucut ke sistem kopling jenis kering yang biasa dipakai oleh mobil. Adapun seperti yang kita ketahui, kopling sendiri biasanya akan mengalami kerusakan.

 

Kerusakan tersebut bisa terjadi cepat atau pun lambat. Terlebih, salah satu penyebab yang biasanya menyebabkan kopling jadi slip adalah bagian kampas koplingnya.

 

Kopling pada mobil sendiri harus tetap terjaga performanya agar daya pada mesin dapat tersalur dengan baik tanpa hambatan.

 

Selain itu, kopling yang slip juga bisa membuat mobil berkurang kenyamanannya karena performa yang cenderung sering tidak terkendali (terhambat hingga menghentak secara tiba-tiba).

 

Lalu, apa saja yang bukan merupakan penyebab kopling slip?

 

Yang Bukan Penyebab Terjadinya Kopling Slip

Berikut Ini Yang Bukan Penyebab Terjadinya Kopling Slip Adalah? Cek Sini Sob!!!

Berikut ini yang bukan penyebab terjadinya kopling slip adalah torsion damper lemah serta gigi hub sleeve aus. Torsion damper yang lemah bisa membuat hentakan kopling tinggi, sedangkan gigi hub sleeve yang aus bisa membuat susah oper gigi.

 

Sekedar informasi, di bawah ini kita akan bahas sedikit mengenai apa itu torsion damper serta gigi hub sleeve. Jadi dengan demikian, nanti kalian akan paham kenapa kedua komponen tersebut tidak berpengaruh terhadap kerusakan pada kopling yang slip.

 

Torsion Damper

Torsion damper berfungsi dalam meredam getaran pada pelat kopling atau dalam kata lain, komponen yang satu ini punya tugas untuk meredam hentakan saat kopling mulai menghubungkan putaran dan pada saat akselerasi atau pun deselerasi.

 

Jadi jika torsion damper lemah, maka efeknya adalah bukan membuat kopling slip, tetapi akan membuat kopling mobil loncat-loncat karena hentakan pada saat kopling terhubung tidak diredam.

 

Hub Sleeve

Hub sleeve pada transmisi berfungsi untuk mengubungkan putaran dari dari shaft ke gigi percepatan. Lebih detailnya, komponen ini berfungsu untuk mengubungkan dan memutuskan putaran dari roda gigi percepatan ke clutch hub.

 

Komponen yang satu ini terhubung langsung dengan shift fork dan terletak di antara alur gigi clutch hub.

 

Jika gigi hub sleeve aus, maka besar kemungkinan kita akan susah memindahkan gigi atau mengoper gigi. Well, jadi tidak akan slip koplingnya ya, hanya saja kita akan sangat susah mengoper gigi.

 

Susah di sini karena gigi sangat keras meski kita sudah menginjak pedal kopling. Jadi kita perlu usaha ekstra untuk mengoper gigi ke gigi lain, bahkan ke gigi netral.

 

Penyebab Kopling Mobil Slip

Berikut penyebab-penyebab kopling mobil slip:

  1. Jarak bebas pedal kopling kecil
  2. Terdapat oli pada permukaan kanvas
  3. Pegas kopling lemah
  4. Kanvas kopling habis
  5. Gerak bebas kopling yang berlebihan
  6. Plat penekan aus
  7. Run out flywheel berlebihan
  8. Flywheel terkena minyak

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....