Arti Komunitas Motor dan Tujuan Komunitas Motor

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti komunitas motor dan tujuan komunitas motor.

 

Di masyarakat sudah tertanam jika orang bergerombol dan menggunakan motor adalah suatu geng motor.

 

Pemahaman ini tidak terlepas dari masa lalu kelam di beberapa wilayah Indonesia, di mana kala itu banyak geng motor berkeliaran dan meresahkan warga karena sering berbuat onar di lingkungan sekitar.

 

Padahal, yang bergerombol menggunakan motor bukan selalu merupakan geng motor. Ada juga komunitas motor yang biasanya secara keorganisasian lebih jelas dan terarah.

 

Well, dari artikel ini, mari kita bahas bersama mengenai arti komunitas motor dan tujuan dari komunitas motor tersebut.

 

Arti Komunitas Motor

Arti komunitas motor adalah organisasi atau wadah yang terdiri dari beberapa orang yang punya visi dan tujuan yang sama. Yang membedakan komunitas motor dan komunitas lain adalah di mana komunitas motor pastinya kental dengan aura motor.

 

Dalam artian, para anggota atau pengurus di komunitas motor biasanya punya hobi di dunia otomotif lebih tepatnya adalah sepeda motor.

 

Komunitas motor sendiri biasanya sering disebut juga dengan klub motor. Adapun komunitas motor dalam bahasa Inggris disebut juga sebagai motorcycle community atau motorbike community.

 

Tujuan Komunitas Motor

Arti Komunitas Motor dan Tujuan Komunitas Motor

Tujuan komunitas motor salah satunya adalah mewadahi para pecinta motor yang punya visi dan tujuan yang sama. Misalnya saja, para pengguna motor Nmax yang ingin punya acara kumpul-kumpul tiap bulannya.

 

Agar bisa terlaksana dengan terorganisir, tentu harus dibuat komunitas tersendiri agar nantinya pelaksanaan acara kumpul-kumpul biasa terlaksana dengan lebih efektif dan efisien.

 

Tetapi lebih detail, kami akan uraikan tujuan komunitas motor sebagai berikut:

1. Mewadahi Orang-Orang Yang Punya Tujuan Yang Sama

Pada dasarnya, terciptanya suatu organisasi atau komunitas ini adalah untuk memawadahi orang-orang yang punya tujuan yang sama.

 

Dalam kasus ini, misalnya adalah ada 10 hingga 20 orang yang punya jenis motor yang sama dan ingin banyak berkumpul guna melepas penat sehabis hari kerja.

 

Nah agar lebih terjadwal dan terencana, tentu akan dibuat sebuah perkumpulan atau komunitas yang nantinya bisa mengatur agenda kumpul-kumpul tersebut.

 

2. Melakukan Kegiatan Berkumpul Bersama

Tujuan komunitas motor yang kedua adalah melakukan kegiatan berkumpul bersama. Ini sudah ditekankan di sub judul di atas.

 

Di mana memang biasanya komunitas motor ini punya tujuan yang terlihat mayor yakni berkumpul-kumpul.

 

Berkumpul tersebut baik berupa untuk kopdar, sunmori, satmori, night ride, menghadiri acara komunitas lain, touring, hingga melakukan kegiatan amal.

 

3. Sharing Masalah Motor

Ini adalah hal positif lain dari komunitas motor, di mana obrolan di komunitas motor kerap menjurus ke seluk-beluk permotoran, terlebih motor yang digunakan.

 

Banyak informasi berharga seputar perawatan hingga perbaikan motor yang bersumber dari pengalaman pribadi para anggota di komunitas motor tersebut.

 

Ngomong-ngomong, biasanya saat kita hendak masuk komunitas motor atau klub motor, maka akan ada ospek.

 

Ospek ini dilakukan guna memperkenalkan calon anggota komunitas hingga guna menyeleksi mana yang benar-benar serius masuk komunitas motor tersebut.

 

Ospek tersebut dapat berupa mendorong motor dari sebelah kanan dalam posisi gigi mesin masuk di gigi 2 atau pun jenis ospek lainnya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....