Apa Itu refurbish? Mari Bahas Juga New Refurbish dan Ori Refurbish Artinya Apa

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai apa itu refurbish dan macam-macamnya seperti new refurbish dan ori refurbish.

 

Pembahasan ini cukup menarik, sebab banyak yang belum tahu mengenai hal ini. Oleh karenanya, mari bersama Satupiston.com menelaah lebih jauh mengenai refurbish.

 

Awalnya kami cukup bingung untuk membahas hal ini, bahkan kami baru sadar jika ada kata ini pada produk-produk yang dijual secara digital.

 

Pelabelan ini cukup penting dan meski ada embel-embel new atau baru dan ori, kita tetap harus waspada.

 

Apa Itu Refurbish?

Apa Itu refurbish? Mari Bahas Juga New Refurbish dan Ori Refurbish Artinya

Refurbish adalah memperbaharui lagi, ini adalah kata dalam bahasa Inggris dan kerap digunakan oleh brand Apple untuk Iphone. Meski ada juga produk elektronik lain yang kerap menggunakan istilah ini.

 

Secara kasarnya, refurbish ini dapat dikatakan sebagai rekondisi. Namun ada beberapa jenis dari refurbish ini sehingga rekondisi tidak bisa sepenuhnya mendefinisikan refurbish.

 

New Refurbish Artinya?

New Refurbish artinya adalah pembaharuan yang dilakukan saat barang masih baru dan belum sempat terjual ke konsumen. Ini mirip dengan konsep recall pada dunia sepeda motor atau mobil.

 

Analogi dari new refurbish ini adalah saat Galaxy Note 7 di beberapa waktu ke belakang ada yang meledak sehingga Samsung menarik semua produknya meski tidak semua produk tersebut tidak bermasalah.

 

Saat produk Samsung Galaxy Note 7 tersebut belum sempat terjual (termasuk yang sudah terjual), maka part yang dinilai cacat akan diganti dengan part lain agar menghindari terjadinya ledakan lain di smartphone tersebut.

 

Pada industri otomotif, motor atau mobil yang mengalami cacat produksi seperti pompa oli yang macet hingga tuas kopling yang mudah patah bisa dilakukan recall oleh pihak pabrikan.

 

Proses recall tersebut dilakukan dengan mengganti part yang bermasalah secara massal dan mengganti part yang bermasalah tersebut ke part baru.

 

Yang perlu diperhatikan di sini adalah refurbish atau pun recall harus dilakukan di pabrikan yang sudah ditentukan  agar standar kualitasnya terjamin.

 

Ori Refurbish Artinya?

Istilah ini biasanya merujuk pada dunia gadget. Di mana ori refurbish artinya adalah pembaharuan yang dilakukan pada produk original, dalam hal ini biasanya original pabrik.

 

Kenapa demikian? Pasalnya di dunia gadget kerap ada istilah ori pabrik dan distributor. Ori pabrik biasanya punya harga lebih mahal dan garansinya resmi dari pabrikan tersebut, misal dari Samsung atau Apple.

 

Sedangkan distributor adalah pihak ketiga dan bukan asli pabrik. Sebenarnya barang distributor ini juga awalnya ori dari pabrik.

 

Tetapi karena beberapa alasan, pada akhirnya pihak distributor ini memang tidak menjamin kualitas sebagus ori pabrik. Ini juga yang jadi alasan kenapa harga produk bergaransi distributor lebih murah dari yang versi garansi ori pabrik (TAM).

 

Dari apa yang pernah kami alami, barang distributor kerap menimpa smartphone dari Xiaomi. Dari apa yang kami ketahui, smartphone distributor Xiaomi biasanya aslinya tidak dijual untuk pasar Indonesia.

 

Jadi karena tidak dijual di Indonesia, maka software di dalamnya pun tidak berbahasa Indonesia (biasanya bahasa China atau bahasa lain).

 

Nah untuk mengakali hal tersebut, biasanya pihak ketiga yakni distributor akan mengganti software-nya ke dalam bahasa Indonesia.

 

Titiknya di sini, di mana karena dari pabriknya tidak dijual untuk pasar Indonesia, maka saat akan klaim garansi ke pabrik Xiaomi, tentu tidak akan diterima.

 

Oleh karenanya, smartphone yang seperti ini biasanya garansinya ke pihak distributor atau pihak ketiga yang menjual barang tersebut.

 

Iphone Refurbish Artinya?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Iphone refurbish artinya adalah Iphone yang sebelumnya diduga ada cacat komponen sehingga ditarik oleh pihak pabrikan dan diganti part yang diguda bermasalah tersebut.

 

Iphone refurbish biasanya punya harga yang sedikit lebih murah meski tidak selamanya demikian.

 

Iphone Refurbish adalah yang sudah diperbaharui dan biasanya diberi tanda refurbished. Sedangkan yang rekondisi diberi label “Apple Certified Pre-Owned” pada box penjualannya.

 

Pastikan jika hendak membeli Iphone refurbish, kita membeli yang berlabel garansi pabrik atau original.

 

Nah sebenarnya bukan hanya pada Iphone saja, ini berlaku secara umum untuk handphone atau Hp. Hp refurbish artinya adalah hp yang diperbaharui baik part atau software-nya karena adanya kerusakan.

 

Ngomong-ngomong, selain refurbish yang baru atau new. Ada juga refurbish dari barang bekas atau rekondisi.

 

Biasanya barang ini awalnya sudah rusak lalu diperbaiki oleh pabrikan dengan standar kualitas yang terjamin.

 

Contoh Barang Refurbish

  • Smartphone refurbish
  • Baterai smartphone refurbish
  • Laptop refurbish
  • Baterai laptop refurbish
  • Dll

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....