Air Merupakan Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui Karena Jumlahnya ??

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai alasan air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

 

Air menjadi salah satu aspek terpenting dalam kehidupan, air sendiri merupakan zat cair yang identik dengan basah.

 

Dalam kehidupan sehari-hari, kita butuh air untuk banyak keperluan penting seperti minum, makan, mencuci, hingga untuk “makanan” tanaman atau tumbuhan.

 

Pada intinya, manusia, tumbuhan, hewan, hingga bumi ini sangat butuh akan adanya air. Bahkan bagi para ilmuan, salah satu syarat utama dari suatu planet yang dapat ditinggali oleh umat manusia adalah adanya ketersediaan air.

 

Bicara soal air, dalam IPA, air termasuk salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Lalu, kira-kira alasan tersebut kenapa ya?

 

Alasan Air Merupakan Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena jumlahnya melimpah atau sangat banyak. Selain itu, air juga terus diperbaharui melalui proses terjadinya hujan.

 

Kami teringat dengan salah satu teori di mana menyatakan bahwa air di bumi ini kurang lebih jumlahnya tetap, hanya saja wujudnya saja yang berubah-ubah (misalnya menjadi es, mencair, atau menguap).

 

Pada proses hujan, air dari beberapa tempat mengalami penguapan karena suhu panas dari cahaya matahari yang ada di bumi.

 

Uap air kemudian menuju langit atau atmosfir untuk mengembun dan mengalami pendinginan hingga menjadi kristal es dan juga perlahan menjadi awan.

 

Saat awan sudah tidak dapat lagi menampung air, maka air-air tersebut terjun ke muka bumi (tanah) dan proses ini lah yang menjadi gambaran besar dari hujan.

 

Bahan Bakar Dari Air

Air Merupakan Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui Karena Jumlahnya ??

Para ilmuan dan ahli sejauh ini masih mencari cara untuk menggantikan hasil tambang seperti minyak bumi dengan air.

 

Minyak bumi sendiri jumlahnya terbatas, sedang air cenderung berjumlah lebih banyak dan melimpah.

 

Penggunaan minyak bumi sendiri sudah mulai dibatasi, dan energi pengganti seperti energi matahari hingga energi listrik mulai banyak digunakan sebagai penggantinya.

 

Tentu jika kita mengambil konsep pembakaran minyak bumi pada kendaraan bermotor, rasanya akan sangat kontras atau sulit sekali mengganti minyak bumi dengan air.

 

Sebab minyak bumi relatif dapat menyulut api, sedangkan air bersifat memadamkan api. Ini lah yang jadi kesulitan hingga kini.

 

Sebab perlu ada model baru dari sistem mekanisme mesin dari yang awalnya melakukan pembakaran menggunakan minyak bumi menjadi proses lain yang memanfaatkan air sebagai bahan utamanya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x