Aing Ijid Ka Sia Artinya ? Waduh Hati-Hati Sob !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai aing ijid ka sia artinya apa?

 

Di beberapa kondisi, kita kadang dihadapkan dengan hal-hal yang unik dan baru. Misal saat kita nongkrong atau kopdar sesama komunitas motor.

 

Saat nongkrong atau kopdar sesama komunitas motor, kadang ada beberapa orang dengan latar yang berbeda-beda.

 

Ambil contoh, misal ada orang Jawa, Jakarta, Bandung, dan lainnya. Ini lumrah, sebab Indonesia ini sangat banyak sekali suku dan budayanya.

 

Terkadang karena untuk jahil atau serius, kita dihadapkan dengan kondisi seseorang mengutarakan ucapan dengan bahasa yang tidak kita mengerti.

 

Atau terkadang pula kita dijahili dengan menyuruh mengatakan hal-hal yang tidak kita ketahui artinya pada orang lain, misal aing ijid ka sia.

 

Nah dalam kesempatan ini, blog Satupiston.com akan coba kupas mengenai kalimat yang satu ini dan bahayanya jika diucapkan secara sembarangan.

 

Arti Aing Ijid Ka Sia

Aing ijid ka sia artinya adalah saya benci ke anda, atau bisa juga saya tidak suka ke anda, atau bisa juga saya jijik ke anda. Ini adalah salah satu kalimat terkasar yang ada dalam Bahasa Sunda dan sebaiknya jangan diucapkan.

 

Di Bahasa Sunda sendiri terdapat beberapa kosa-kata dan kalimat, mulai dari yang terhalus hinggayang terkasar.

 

Selain itu, ada juga kalimat yang harus diucapkan ke yang setara umurnya, lebih muda, atau yang lebih tua.

 

Jadi mungkin sampai sini kita sudah paham bahwa kalimat yang tengah kita bahas ini adalah kalimat yang tidak sepatutnya diucapkan pada orang lain, teruntama pada orang yang tidak dikenal.

 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, terkadang kalimat kasar seperti ini diucapkan saat tengah bergurau dan untuk menjahili orang yang masih awam akan Bahasa Sunda.

 

Jadi bagi kita yang mendengar ucapan seperti dari orang yang masih awam akan Bahasa Sunda, sebaiknya dimaklumi dan beri tahu artinya agar orang awam tersebut bisa lebih berhati-hati saat bergurau.

 

Gunakan Bahasa Indonesia…..

Aing Ijid Ka Sia Artinya ? Waduh Hati-Hati Sob !!!

Sebagai tips, jika saat tengah nongkrong atau ngekopdar terdapat banyak orang yang beragam latar, maka gunakan saja bahasa pemersatu yakni bahasa Indonesia.

 

Ini agar kita bisa meminimalisir adanya kesalahpahaman saat ada kosa-kata yang tidak dipahami.

 

Selain itu, jika kita tengah disuruh mengucapkan kalimat yang tidak dipahami pada orang lain, maka sebaiknya tolak saja.

 

Ya, jika sudah terlanjur mengucapkan dan kita baru tahu artinya, maka sebaiknya kita meminta maaf. Ini agar terhindar dari konflik.

 

Baiklah, artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x