Susul Premium, Pertalite Juga Akan Dihapus! Ini Alasan Pertalite Dihapus

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Diberitakan jika selain Premium yang akan dihapus peredarannya di Indonesia, rupanya Pertalite juga akan dihapus sejalan setelah Premium dihapus.

 

Berbeda dengan Premium yang di tahun depan akan dihapus setelah presiden mengeluarkan peraturan resminya, Pertalite nampaknya masih butuh waktu hingga benar-benar akan dihapus.

 

Kemungkinan alur penghapusannya adalah seperti apa yang terjadi pada Premium yakni dihilangkan secara bertahap di beberapa SPBU Pertamina hingga nantinya hanya akan tersisa Pertamax dan opsi lain dengan RON lebih tinggi.

 

Sekedar informasi, Pertalite ini awalnya dikeluarkan guna membuat pengendara hijrah dari Premium ke bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi.

 

Pertalite sendiri dinilai lebih baik dari Premium karena punya nilai oktan lebih tinggi yakni sebesar 90. Ini jelas lebih tinggi dari Premium yang hanya punya nilai oktan sebesar 88.

 

Alasan Pertalite Dihapus

Susul Premium, Pertalite Juga Akan Dihapus! Ini Alasan Pertalite Dihapus

Alasan pertama dari dihapusnya Pertalite adalah guna mendukung “go green”, mengurangi efek rumah kaca, dan meningkatkan kualitas udara.

 

Setidaknya, diperkirakan perpindahan pengguna BBM jenis Premium ke Pertalite bisa menurunkan emisi gas buang di udara bebas sekitar 14%.

 

Sedangkan perpindahan dari Pertalite ke Pertamax yang mengusung RON 92 diperkirakan bisa menurunkan kadar emisi gas buang di udara bebas sekitar 27%.

 

Pada dasarnya, Indonesia menjadi salah satu negara yang punya kualitas udara yang buruk di dunia, terutama di daerah perkotaan.

 

Mungkin bagi kita yang masih tinggal di desa, efek emisi gas buang ini tidak begitu terasa. Ini juga yang jadi perdebatan di beberapa kalangan.

 

Pasalnya, dikhawatirkan jika Pertalite juga ikut dihapus, itu bisa membuat harga bahan-bahan pokok ikut naik.

 

Kesempatan Untuk Kompetitor Pertamina

Sejauh ini, Pertamina berjaya di Indonesia dalam hal penjualan bahan bakar minyak. Kita bahkan nyaris tidak menyadari jika ada kompetitor Pertamina seperti Shell, Mobil, dan lain sebagainya.

 

Sejauh ini selain kalah saing karena SPBU Pertamina lebih banyak, harga juga menjadi salah satu alasan kenapa kompetitor dari Pertamina jarang dianggap.

 

Tetapi karena nantinya Premium dan Pertalite akan dihapus, maka ini bisa jadi kesempatan untuk kompetitor Pertamina.

 

Mengapa? Sebab nanti pasar yang diperebutkan akan bergerak di segmen BBM dengan RON di atas 90. Harga pun tentunya akan cenderung kompetitif.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x