Silica Gel Pada Kemasan Dimaksudkan Untuk Menjaga ?? Gak Nyangka!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai silica gel.

 

Silica gel masih terbilang jarang diketahui, meski sebenarnya benda yang satu ini kerap ditemui pada beberapa kesempatan.

 

Silica Gel Pada Kemasan Dimaksudkan Untuk Menjaga ?? Gak Nyangka!
Source: Tokopedia

Silica gel sendiri kerap terdapat di box makanan, kotak obat, box elektronik, dan lain sebagainya. Tetapi kita memang biasanya tidak ingin tahu mengenai benda yang satu ini.

 

Kenapa? Sebab bungkusnya terlihat tidak begitu menarik. Hanya bertuliskan “jangan dimakan” dan bungkusnya memang terlihat seperti permen.

 

Kami sendiri sempat mengira jika ini adalah sebuah permen, hohoho. Tetapi faktanya ini bukan merupakan sebuah permen dan fungsinya ternyata sangat bermanfaat untuk suatu benda yang dihinggapinya.

 

Lalu, apa fungsi dari silica gel?

 

Fungsi Silica Gel

Silica gel pada kemasan dimaksudkan untuk menjaga kelembapan atau kadar air di lingkungan sekitarnya sehingga tidak terjadi kelembapan yang berlebihan yang dapat menyebabkan tumbuhnya jamur.

 

Silica gel ini akan menyerap kelembapan tanpa mengubah kondisi zatnya. Ini sebabnya benda yang satu ini sangat bermanfaat dan sering diletakan di kemasan-kemasan atau box-bos seperti box HP, kamera, kotak makanan, kotak baju, dan lain sebagainya.

 

Selain berguna untuk mencegah munculnya jamur, silica gel ini juga punya peran untuk mencegah pembentukan karat pada logam, serta meminimalisir terjadinya hubungan arus listrik pada komponen elektronik.

 

Kami sendiri menggunakan silica gel ini untuk actioncam kami, ini bertujuan agar lensa action cam kami tidak mudah berjamur atau pun mengebun/ berkabut,

 

Jenis-Jenis Silica Gel

Silica gel ini ada jenis-jenisnya. Ada yang umum ditemui, serta ada yang jarang ditemui karena sifatnya yang berbahaya bagi manusia.

 

Lalu, apa saja jenis dari silica gel?

  • Silica Gel Biru

Silica gel berwarna biru ini diklaim menjadi salah satu silica gel yang memiliki performa terbaik. Harganya pun mahal, tetapi kabar kurang baiknya adalah silica gel ini diproduksi dan dijual secara terbatas.

 

Alasannya adalah karena silica gel dengan jenis ini tergolong sebagai benda yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan makhluk hidup lain.

 

Silica gel jenis ini juga digunakan secara terbatas yakni tidak boleh digunakan untuk benda-benda yang bersentuhan langsung dengan manusia. Biasanya silica gel ini hanya digunakan di industri mesin dan listrik.

 

Silica gel ini sesuai namanya berwarna biru, jika masih berwarna biru, tandanya silica gel ini masih dapat berfungsi.

 

Sedangkan jika sudah berwarna merah muda atau pink, artinya silica gel ini sudah tidak dapat digunakan. Jika sudah demikian, kita harus menggantinya atau mengeringkannya dengan alat khusus agar kelembapan di silica gel bisa terangkat.

 

Jika sudah dikeringkan, silica gel biru ini akan kembali berwarna biru setelah sebelumnya berwarna pink. Wah, menarik sekali bukan?

 

  • Silica Gel Putih

Silica gel putih atau white atau bening adalah jenis pertama dari silica gel dan paling umum digunakan. Bahan utama silica gel putih adalah sodium silikat, yakni mineral alami yang mampu menyerap molekul air di udara.

 

Silica gel ini tergolong aman untuk kesehatan manusia karena tidak beracun, tidak berasa, tidak berwarna, tidak berbau, tidak reaktif, dan tidak mudah terbakar.

 

Silica gel ini banyak digunakan untuk menjaga kadar kelembapan tetap di ambang batas normal. Box makanan, box benda elektronik, hingga box obat-obatan kerap menggunakan silica gel jenis ini.

 

  • Silica Gel Natural

Silica gel jenis ini diolah dari bahan minerl alami yang dikemas dalam kemasan kertas semi permeable. Ini hampir mirip dengan silica gel putih di mana tidak berbau, tidak berasa, dan mampu menyerap molekul air di udara.

 

Meski mirip dengan silica gel putih, tetapi performa silica gel natural masih di bawah silica gel putih. Pasalnya, silica gel natural hanya bisa menyerap sekitar 33% kelembapan dari total beratnya. Sedangkan silica gel putih sanggup menyerap sekitar 55% kelembapan dari total beratnya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x