Kisaran Torsi Pada Impact Wrench Adalah ?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai kiasaran torsi pada impact wrench.

 

Torsi adalah gaya atau kekuatan yang dapat membuat objek bergerak secara rotasi (berputar) di area sekitar sumbu.

 

Torsi sendiri biasanya kerap ditemukan pada benda-benda yang bisa berputar atau bisa diputarkan. Contohnya saja adalah baut, mur, sekrup, poros engkol mesin, dryer gitar, dan lain sebagainya.

 

Sedangkan impact wrench adalah salah satu jenis power tools yakni perkakas untuk memasang dan melonggarkan baut atau mur yang ditenagai menggunakan energi listrik.

 

Bentuk dari impact sendiri mirip seperti mesin bor dan alat yang satu ini biasanya digunakan oleh bengkel-bengkel hingga industri pabrik.

 

Tentunya, alat yang satu ini akan sangat memudahkan kita dalam memasang dan melepaskan baut atau mur, sebab kita tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk membuka atau memasang baut dan mur.

 

Kisaran Torsi Pada Impact Wrench

Kisaran torsi pada impact wrench adalah sekitar 2.250kg hingga 33.760kg. Ini tentunya cukup bervariatif tergantung dari ukuran dan spesifikasi dari jenis impact itu sendiri.

 

Ngomong-ngomong, meski impact ini sangat membantu dalam melepas atau memasang baut dan mur, namun pada akhirnya kunci hand tool seperti kunci ring atau kunci sock masih tetap diperlukan.

 

Kelebihan Impact Wrench

Kisaran Torsi Pada Impact Wrench Adalah ?
Source: Tokopedia


Beberapa kelebihan dari power tool yang satu ini adalah sebagai berikut:

  • Lebih praktis
  • Tidak membutuhkan tenaga yang besar untuk menggunakannya
  • Bisa mempercepat proses melepas dan memasang baut atau mur

 

Kekurangan Impact Wrench

  • Butuh energi listrik
  • Untuk torsi yang besar, terkadang impact tidak dapat “mengcover-nya”
  • Butuh daya listrik besar untuk impact yang akan mengeluarkan daya besar
  • Harga lebih mahal
  • Ada batas penggunaan, sebab mesin impact bisa panas
  • Tidak akan berguna untuk bongkar-pasang baut dan mur di tempat yang jauh dari daya listrik

 

Bagus Impact atau Kunci Biasa?

Masuk ke pertanyaan yakni bagus impact wrench atau kunci biasa semisal hand tools kunci pas, kunci ring, kunci sock, dan kawan-kawannya?

 

Untuk ini, kami rasa pertanyaan yang tepat adalah “kunci yang mana yang cocok untuk saya?”. Sebab impact dan kunci biasa diperuntukan untuk keperluan yang berbeda.

 

Tetapi sekedar informasi, meski kita punya impact, namun kita juga harus punya hand tools seperti kunci ring atau kunci sock.

 

Alasannya adalah terkadang impact tidak mengcover beberapa torsi dari mur dan baut. Selain itu, di perusahaan otomotif juga biasanya akan ada finishing dalam pemasangan baut dan mur.

 

Finishing tersebut adalah menggunakan kunci seperti kunci shock, ring, atau T untuk memastikan bahwa mur dan baut yang dipasangkan oleh impact benar-benar sesuai dengan torsi yang telah ditetapkan.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....