Bensin Premium Bakal Dihapus Di Tahun 2022, Kenapa?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Bahan Bakar Minyak (BBM) atau bensin dengan jenis Premium dengan oktan 88 rencananya bakal dihapus di tahun 2022 atau tahun depan.

 

Rencana penghapusan BBM dengan jenis ini sendiri sudah beredar sejak lama, bahkan di tahun 2021 sendiri sudah semakin sedikit SPBU Pertamina yang menyajikan BBM dengan RON 88 ini.

 

Bensin Premium Bakal Dihapus Di Tahun 2022, Kenapa?

BBM dengan harga murah bersubsidi ini kabarnya sudah satu langkah lagi menuju penghapusan total. Dan penghapusan BBM Premium ini tinggal menunggu penerbitan Peraturan Presiden atau Perpres.

 

Bensin Premium sendiri dikabarkan sudah mulai menurun pemakaiannya, ini juga tidak terlepas dari semakin sedikitnya SPBU Pertamina yang menjualnya.

 

Di tahun 2021 ini, konsumsi bahan bakar Premium oleh masyarakat Indonesia hanya sebesar 34.15% dari kuota 10.000.000 kl.

 

Sekedar informasi, salah satu alasan lain kenapa BBM Premium mulai dihilangkan adalah tak terlepas dari rencana pemerintah dalam meningkatkan kualitas bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor.

 

Sejauh ini, Indonesia sendiri masih menjadi salah satu negara dari total sisa 4 negara yang masih menggunakan bahan bakar dengan RON 88.

 

Selain menghilangkan Premium, langkah pemerintah dalam meminimalisir emisi gas buang juga beraneka macam.

 

Mulai dari inovasi kendaraan listrik yang terus diujicobakan hingga aturan uji emisi gas buang untuk kendaraan tiap setahun sekali di beberapa wilayah.

 

Alternatif Premium

Sejauh ini, rata-rata kendaraan bermotor yang meneguk bensin biasanya sudah mengusung rasio kompresi mesin yang tinggi.

 

Rasio kompresi ini juga menjadi salah satu acuan dalam memilih jenis bahan bakar minyak sebagai suplai utama bahan bakar kendaraan bermotor.

 

Untuk alternatif premium, biasanya ini dipikirkan oleh pengguna motor-motor lawas terutama motor karbu seperti Yamaha Byson milik kami.

 

Dan secara realistis, alternatif Premium tertuju pada Pertalite yang punya nilai oktan sebesar 90 atau 2 angka lebih tinggi dari Premium.

 

Pertalite bisa jadi opsi alternatif selain karena harga yang murah (meski lebih mahal dari Premium karena Premium ada subsidinya), juga Pertalite ini mudah untuk ditemukan di SPBU Pertamina.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....