Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Kunci Pas Adalah ???

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai bahan yang digunakan untuk membuat kunci pas.

 

Kunci pas sendiri disebut juga sebagai wrench atau pun spanner, di mana tugas utama kunci pas adalah untuk membuka atau mengencangkan mur dan baut dengan bentuk hexagonal.

 

Kunci pas adalah jenis hand tool atau kunci yang difungsikan dengan kekuatan tangan yang secara umum sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

 

Tak salah memang, pasalnya jenis kunci yang memiliki tangkai terbuka ini menjadi kunci yang sangat umum untuk digunakan baik itu dalam dunia bengkel atau dunia alat rumah tangga sekali pun.

 

Bicara soal bahan baku dari kunci pas, secara umum mungkin kita akan menjawab jika kunci pas ini merupakan kunci yang terbuat dari besi.

 

Tak salah memang, namun dalam kesempatan kali ini, mari kita bahas lebih lanjut mengenai jenis bahan yang digunakan untuk membuat kunci pas.

 

Sebenarnya, ada banyak bahan baku dalam pembuatan kunci pas. Tetapi dalam kesempatan kali ini, kita hanya akan sebutkan bahan baku yang umum digunakan dalam membuat kunci pas dengan standar kualitas baik.

 

Bahan Baku Kunci Pas

Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Kunci Pas Adalah ???

Bahan yang digunakan untuk membuat kunci pas adalah baja tensil tinggi sebagai perpaduan logam jenis chrome vanadium/ krom vanadium.

 

Selain chrome (Cr), biasanya kunci pas juga dilapisi dengan Nikel (Ni) di mana tujuan dari bahan ini adalah agar meminimalisir terjadinya korosi atau keropos karena adanya karat.

 

Secara umum, chrome vanadium merupakan salah satu bahan baku dari kebanyakan kunci dengan jenis hand tools.

 

Tips Menggunakan Kunci Pas

Pada dasarnya, kunci pas hanya digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan baut dan mur yang punya torsi rendah.

 

Oleh karenanya, pada bidang otomotif atau permesinan, kunci pas ini hanya digunakan saat baut atau mur sudah dalam keadaan longgar atau keadaan di mana torsi sudah rendah.

 

Pasalnya, jika kita memaksakan menggunakan kunci pas saat baut atau mur masih bertorsi tinggi, maka efeknya adalah kunci pas bisa slek atau bahkan bisa juga membuat baut atau murnya menjadi slek.

 

Di beberapa kasus, kami juga menemukan kunci pas yang patah di bagian rahang atau tangkainya karena dipaksakan membuka baut dan mur dengan torsi tinggi.

 

Oleh karenanya, jika baut atau mur bertorsi tinggi, kami sarankan menggunakan kunci shock, kunci ring, atau pun kunci T.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....