Bagus Pertalite atau Pertamax Untuk Motor Matic ? Pertimbangkan Ini !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai bagus Pertalite atau Pertamax untuk motor matic ???

 

Motor metik atau automatic (sering disebut matic) merupakan salah satu jenis motor yang peredarannya semakin menjamur di Indonesia.

 

Atas fakta tersebut, tak heran jika banyak pabrikan motor di Indonesia mencoba memberikan banyak diferensiasi model untuk motor metik.

 

Sebut saja, kini motor matic model tak hanya itu-itu saja, tapi sudah mulai sporty, gendut, hingga ada juga yang retro-retro klasik.

 

Bahkan citra jika motor matic adalah motor khusus perempuan sudah tidak lagi berlaku, pasalnya kini banyak motor matic yang malah digunakan oleh kaum adam.

 

Nah bicara soal bahan-bakar, kami tertarik juga untuk membahas mengenai bahan bakar untuk motor matic.

 

Sebenarnya ada banyak acuan yang bisa digunakan, namun dalam artikel ini, kita hanya akan menggunakan acuan rasio kompresi atau perbandingan kompresi dari mesin motor.

 

Bagus Pertalite atau Pertamax Untuk Motor Matic ? Pertimbangkan Ini !!!


* untuk mengetahui rasio kompresi / perbandingan kompresi dari motor kesayangan kalian, silahkan lihat spesifikasi dari jenis dan tipe motor kalian (bisa cari di situs Satupiston.com).

 

Acuan Memilih Bensin Untuk Motor Matic

Termasuk untuk motor matic dan motor secara umum, berikut acuan dalam memilih bensin yang cocok untuk motor matic.

 

Rasio Kompresi Mesin

Rekomendasi Bensin

7 : 1 hingga 9 : 1

RON 88 dan RON 90

9 : 1 hingga 10 : 1

RON 90 dan RON 92

10 : 1 hingga 11 : 1

RON 92 dan RON 95

11 : 1 hingga 12 : 1

RON 95 ke atas

 

Di sini, terlihat jika motor yang memiliki rasio kompresi 7 banding 1 hingga 9 banding 1 cocok untuk menggunakan bensin berjenis RON 88 atau Premium hingga RON 90 atau Pertalite.

 

Sedangkan motor dengan rasio kompresi 9 banding 1 hingga 10 banding 1 cocok meneguk bensin Pertalite hingga bensin dengan RON 92 atau Pertamax.

 

Lalu untuk motor dengan rasio kompresi 10 banding 1 hingga 11 banding 1 cocok menggunakan Pertamax hingga Pertamax Turbo yang punya RON 95.

 

Dan untuk motor dengan rasio kompresi  11 banding 1 hingga 12 banding  1 cocok menggunakan bensin Pertamax Turbo atau menggunakan bensin dengan RON lebih dari 95.

 

Bahan Bakar Yang Cocok Untuk Motor Matic

Kebanyakan motor matic sekarang mengusung mesin dengan rasio kompresi 9 : 1 hingga 10 : 1, artinya adalah jika di bawah 10 : 1, maka kami rekomendasikan Pertalite, sedangkan jika di atas 10 : 1 maka kami rekomendasikan Pertamax.

 

Jadi bagus Pertamax atau Pertalite untuk motor matic? Jawabannya adalah lihat terlebih rasio kompresi motor yang kita gunakan. Jika di bawah 10:1 maka lebih bagus menggunakan Pertalite, sedangkan jika di atas 10:1 maka lebih bagus menggunakan Pertamax.

 

Pastikan kita menggunakan bahan bakar yang pas untuk motor kita, sebab bahan bakar yang kurang bagus atau terlalu bagus tidak baik untuk performa dan kesehatan mesin motor kesayangan kita.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....