Bagian Mesin Yang Diputar Motor Starter Adalah ??

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai bagian mesin yang diputar motor starter.

 

Motor starter atau sering disebut sebagai sistem starter adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor.

 

FYI, sistem starter sendiri pada motor biasanya terdiri dari dua yakni yang manual dengan kick starter serta yang elektrik dengan menggunakan starter elektrik.

 

Sistem starter elektrik sendiri terdiri dari beberapa bagian yang mana di motor sendiri secara garis besar terdiri dari bendik starter, dinamo starter, kabel-kabel, aki, hingga tombol starter.

 

Namun kini, banyak motor-motor yang sudah meninggalkan sistem kick starter dan mengusung sistem starter tunggal yakni elektrik starter.

 

Bagian Mesin Yang Diputar Motor Starter Adalah ??

Lalu back to the topic, bagian mesin yang diputar motor starter adalah apa?

 

Bagian Mesin Yang Diputar Motor Starter

Bagian mesin yang diputar motor starter adalah poros engkol atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai crankshaft (ada juga yang menyebutnya sebagai kruk as).

 

Poros engkol sendiri menjadi “dudukan” stang seher dan roda gila (fly wheel) pada mobil. Komponen yang satu ini memiliki fungsi utama yakni mengubah gerak vertikal atau horizontal dari torak atau piston menjadi gerak putaran.

 

Seperti yang kita ketahui, piston pada ruang bakar bergerak secara naik turun atau maju mundur, sedangkan mesin secara umum berputar.

 

Agar menghasilkan putaran, maka poros engkol ini dibuat sedemikian rupa agar gerakan naik turun atau maju mundur dari piston dapat dikonversikan menjadi suatu putaran yang pada akhirnya akan diteruskan pada roda.

 

Menggerakan Poros Engkol Butuh Daya Besar

Kita sepakat bahwa salah satu komponen kelistrikan pada kendaraan bermotor yang banyak menguras daya aki salah satunya adalah sistem starter.

 

Alasannya adalah butuh daya yang besar untuk menggerakan poros engkol. Sekali pun itu adalah kick starter, rasanya kaki kita juga butuh tenaga yang cukup besar untuk menggerakan kick starter agar mampu menyalakan mesin.

 

Terlebih untuk motor yang tidak dibekali dengan dekompresi dan memiliki rasio kompresi mesin yang tinggi, kami zamin kaki kalian akan sangat tersiksa saat akan menyalakan mesin motor seperti itu.

 

Salah satu motor yang memiliki rasio kompresi tinggi dan tidak dibekali dengan dekompresi adalah Honda Sonic 150.

 

Kerusakan Umum Pada Sistem Starter Motor

Berikut beberapa penyebab kerusakan sistem starter pada sepeda motor sehingga menyebabkan sepeda motor tidak dapat menyala mesinnya:

Kerusakan di Sistem Elektrik Starter:

  • Aki tekor atau drop atau kurang kapasitas
  • Perkabelan bermasalah
  • Tombol starter kotor atau rusak
  • Bendik starter rusak atau lemah
  • Sekring rusak
  • Dinamo starter rusak

 

Kerusakan di Sistem Kick Starter:

  • Kebocoran kompresi
  • Kampas kopling aus atau habis
  • Per pengait di kick starter rusak atau terlepas

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....