Apakah Baterai ABC Bisa Di Cas ? Bisa, Tapi…

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai apakah baterai ABC bisa di cas?

 

FYI: penulisan yang benar adalah dicas dan bukan di cas. Meminsahkan “di” pada suatu kata bermakna menunjukan tempat (contoh: di Bandung, di Jakarta, di Kalimantan).

 

Wah, siapa sih yang tidak kenala baterai ABC? Kami rasa baterai yang satu ini sudah jadi brand image untuk baterai sejenis.

 

Baterai yang biasa digunakan untuk perabotan rumah tangga ini memang paling mudah ditemukan di warung-warung, mini market, hingga supermarket.

 

Lalu, apakah baterai ABC ini bisa dicas?

 

Apakah Baterai ABC Bisa Di Cas ? Bisa, Tapi…
Sumber tokopedia

Apakah Baterai ABC Bisa Dicas?

Baterai ABC pada dasarnya bisa dicas kembali, tetapi jangan berharap performanya akan seperti awal beli. Artinya adalah baterai ABC ini secara umum tidak dibuat untuk bisa dicas ulang.

 

Meski kita bisa melakukan recharge atau ngecas ulang baterai ABC, namun sekali performanya tidak akan sama seperti beli baru.

 

Memang akan ada lonjakan performa dari yang awalnya sudah lemah, namun setelah performa baterai tersebut tidak akan awet.

 

Oleh karenanya, jika kita berniat beli baterai yang bisa dicas, maka belilah baterai yang dari keterangan dan tipenya bisa dicas ulang dan bukan baterai sekali pakai.

 

Tips Mengembalikan Performa Baterai ABC

Baterai ABC sendiri banyak digunakan untuk baterai jam dinding, remot TV, hingga mainan seperti mobil-mobilan atau robot-robotan.

 

Nah seingat kami saat masih kecil, biasanya kami akan melakukan beberapa hal berikut agar performa baterai bisa kembali lebih baik, ya walaupun performanya sekali lagi tidak akan awet.

  • Jemur baterai di bawah sinar matahari
  • Tekan baterai ABC menggunakan tang pada bagian tengahnya (jangan sampai rusak)

 

Dua cara di atas setidaknya bisa mengembalikan performa baterai ABC, meski sekali lagi, performanya tidak akan sebaik saat beli baru.

 

Jangan Panaskan Baterai ABC Secara Berlebihan!

Pada dasarnya, semua baterai tidak terlalu tahan akan suhu tinggi. Ada batas toleransi yang biasa dapat diterima oleh baterai soal urusan panas.

 

Bicara soal baterai ABC, baterai yang tengah kita bahas ini biasanya secara kerja pun tidak terlalu panas. Dan jika kita bermaksud untuk mengembalikan performa baterai lalu menyimpannya di tempat panas (di dekat kompor misalnya), itu bisa membuat baterai meledak.

 

BTW, ini bukan omong kosong, sebab kebanyakan baterai akan meledak jika disimpan di area yang bersuhu sangat tinggi misal dekat dengan kompor.

 

Oke, artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wasssalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x