Akibat Pengencangan Baut Dengan Kunci Impact Adalah Ini !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai akibat pengencangan baut dengan kunci impact.

 

Kunci impact adalah salah satu power tool yang ditenagai oleh energi listrik. Alat yang satu ini terbilang praktis karena memudahkan pekerjaan dalam membuka dan memasang baut atau mur.

 

Impact sendiri hingga kini masih banyak digunakan di bengkel-bengkel atau industri kontruksi untuk memasang dan melepas baut atau mur.

 

Namun di balik segudang kelebihannya, rupanya impact juga menyimpan suatu kelemahan yang akan kami bahas di sub bab di bawah ini.

 

Efek Buruk Akibat Pengencangan Baut Dengan Kunci Impact

Efek buruk akibat pengencangan baut dengan kunci impact adalah membuat baut atau mur rusak. Rusaknya mur dan baut bisa berupa slek atau pun patah.

 

Sekedar informasi, impact sendiri bisa membuat mur atau baut menjadi slek atau patah jika torsi yang diberikan impact terlalu besar.

 

Ini juga yang menjadi alasan mengapa saat mengencangkan baut roda tidak boleh menggunakan impact wrench.

 

Alasan lain kenapa impact tidak direkomendasikan untuk mengencangkan baut roda adalah karena terkadang torsi impact-nya terlalu kecil.

 

Jadi ini sama halnya seperti kita yang tidak boleh mengencangkan baut atau mur roda dengan cara menginjak kunci roda atau kunci sock.

 

FYI, kunci impact sendiri punya rentang torsi yang beragam, ini biasanya tergantung pada spek masing-masing dari impact yang digunakan.

 

Untuk roda, menjadi masalah besar jika baut dipasangkan dengan torsi besar karena nantinya akan sulit dibuka.

 

Sedangkan jika torsinya terlalu kecil, maka mur di roda bisa dengan mudah lepas saat kita mengendarai kendaraan tersebut.

 

3 Kelebihan Impact Wrench

Akibat Pengencangan Baut Dengan Kunci Impact Adalah Ini !!!
Sumber: tokopedia.com


Selain kekurangan yang tadi sudah kita bahas, impact wrench juga punya kelebihan yang di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Efisien Waktu

Yang pertama adalah efisien waktu, ini karena putaran dari impact cenderung lebih cepat dari putaran kunci yang menggunakan tangan kita sebagai tenaganya.

 

2. Tenaga Yang Diperlukan Tidak Banyak

Ini wajar sebab impact adalah power tool yang ditenagai oleh listrik dan tidak ditenagai secara utama oleh kekuatan tangan manusia.

 

Kita hanya perlu menjaga agar putaran impact sesuai serta kita harus dengan ajeg menempatkan impact pada baut atau mur.

 

3. Penggunaannya Mudah

Ini sebenarnya relatif, sebab bagi yang masih awam, tentu menggunakan hand tool seperti kunci pas, ring, hingga sock akan lebih mudah.

 

Sedangkan jika kita sudah terbiasa menggunakan impact, tentu akan merasa malas menggunakan hand tool karena lebih merepotkan.

 

Impact sendiri biasanya dioperasikan dengan menekan tombol pada badan impact itu sendiri. Kita cukup tekan tombol dan secara mudah baut atau mur akan terbuka.

 

BTW, jangan lupa untuk mengatur arah putaran impact agar baut atau mur bisa dilepas atau dipasang secara sesuai.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....