Terowongan Kereta Cepat Jakarta - Bandung Cikalong Wetan Adalah Yang Terpanjang?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai terowongan Kereta Cepat Jakarta Bandung yang terpanjang, yang di Cikalong Wetan?

 

Kereta Cepat Jakarta – Bandung direncanakan dapat beroperasi di November tahun 2022. Itu sebabnya pengerjaan pun dipercepat.

 

Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sendiri adalah manajemen yang bertanggung jawab atas pembangunan proyek yang satu ini.

 

Hingga kini, kurang lebih progres pembangunan kereta cepat Jakarta – Bandung ini adalah sekitar 80 persenan.

 

Adapun pembangunan proyek kereta cepat ini mencakup beberapa stasiun pemberhentian Halim, Karawang, Padalarang, hingga Tegalluar. Salah satu stasiun pemberhentian yang tidak dilanjutkan progres pengerjaannya adalah stasiun Walini yang terletak di Cikalong Wetan.

 

Sekedar informasi, proyek kereta cepat ini memiliki 13 terowongan dengan total panjang mencapai 6.409 meter.

 

Adapun salah satu terowongan yang terpanjang dalam jalur kereta cepat Jakarta – Bandung adalah terowongan nomor 6 yang ada di Cikalong Wetan yang dekat dengan daerah Walini. Terowongan nomor 6 yang ada di Cikalong Wetan ini memiliki panjang terowongan sepanjang 4.478 meter dan menembus perbukitan.

 

Terowongan Kereta Cepat Jakarta - Bandung Cikalong Wetan Adalah Yang Terpanjang?

Salah satu terowongan yang berada di Cikalong Wetan terdapat di Cigentur, Des. Mandalasari, Kec. Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat. Posisinya sebelah kiri setelah jembatan kereta api jika kita berada dari arah Purwakarta menuju Bandung (Cikalong menuju Padalarang).

 



 

Salah satu yang menarik dari terowongan kereta cepat ini adalah karena terowongan dibuat dengan mengebor daerah perbukitan.

 

Bagaimana menurut kalian?

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa,.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....