Penyebab GSX R150 Susah Nyalip, Bukan Rusak !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dari GSX R150 yang susah menyalip.

 

Apakah kalian pengguna GSX 150 series yakni GSX R150 atau GSX S150? Tentunya motor sport enty level dari Suzuki ini merupakan salah satu varian yang sangat menggoda, terutama untuk GSX R150 yang tampilannya sangat racy look.

 

Tapi untuk kalian yang belum terbiasa, mungkin akan heran dengan GSX 150 series yang ternyata cukup susah untuk diajak menyalip kendaraan di depan.

 

Wah, kenapa ya? Apakah ada kerusakan?

 

Penyebab GSX R150 Susah Nyalip

Menjadi wajar jika GSX R150 dan GSX S150 susah untuk diajak menyalip. Pasalnya, mesin GSX 150 series memang punya karakter yang kurang nendang di putaran bawah. Lah kok?

 

Alasannya adalah karena GSX 150 series punya karakter mesin overbore atau besar diameter piston lebih besar dari langkah piston.

 

Sekedar informasi. GSX R150 dan GSX S150 punya diameter piston sebesar 62 mm sedangkan langkah pistonnya adalah sebesar 48,8 mm.

 

Mesin overbore sendiri memang cenderung kurang oke di putaran bawah, itu juga yang membuat kenapa GSX R150 akan sedikit  tidak responsif saat diajak untuk menyalip, terutama jika dimulai dari putaran bawah.

 

Penyebab GSX R150 Susah Nyalip, Bukan Rusak !!!

Namun meski begitu, mesin overbore ini punya keunggulan lain yakni putaran menengah ke atas yang cenderung panjang. Ini juga yang jadi salah satu alasan kenapa GSX 150 series punya nafas yang relatif cukup panjang dan punya top speed lebih baik dari kompetitornya.

 

Jadi jika kita belum terbiasa dengan motor bermesin overbore, tentu akan sedikit bingung, kok ini motor susah sekali untuk diajak nyalip hehe.

 

Tapi tenang, itu bukan kerusakan, hanya saja memang kita harus terus berlatih dan membiasakan diri dengan keadaan tersebut.

 

Kerusakan GSX R150

Tapi jika misal kita mau betot gas di RPM bawah dan ternyata motor malah teriak dan enggan melaju, maka bisa jadi itu adalah tanda kerusakan pada sistem kopling motor.

 

Baca JugaCiri-Ciri Kampas Kopling Motor Habis dan Minta Diganti

 

Pastikan bahwa sistem kopling motor masih normal agar tidak semakin memperparah performa putaran bawah dari GSX 150 series.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...