Bagus Mana Aki Kering atau Basah Untuk Motor ?? Mari Bahas Bersama

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai bagus aki kering atau basah untuk motor?

 

Aki merupakan salah satu komponen yang cukup penting bagi kendaraan bermotor termasuk pada sepeda motor.

 

Terlebih untuk sepeda motor terkini yang sudah injeksi yang banyak menerapkan banyak sensor. Selain itu, tak jarang motor-motor keluaran terbaru sudah meninggalkan sistem kick starter dan murni harus mengandalkan elektrik starter.

 

Adapun elektrik starter dan sensor injeksi butuh suplai daya listrik DC dari aki. Jadi, terbayang bukan? Betapa sangat pentingnya aki di sepeda motor?

 

Nah pada artikel ini, kita akan bandingkan mengenai aki kering dan aki basah. Sebenarnya berat untuk memutuskan mengenai bagus aki kering atau aki basah, sebab keduanya sama-sama bagus hanya saja tinggal bagaimana kita menggunakannya.

 

Adapun aki kering sendiri biasanya berisikan gel, sedangkan aki basah berisikan cairan elektrolit. Sedangkan aki yang sekarang banyak digunakan pada motor adalah aki berjenis MF atau maintenance free alias aki bebas perawatan yang isinya berisi cairan elektrolit namun disekat dengan seal sehingga banyak yang menyebutnya sebagai aki kering.

 

Hmm, belum masuk ke tahap perbandingan, kini kita harus dihadapkan dengan pengelompokan aki MF, apakah aki MF aki kering atau basah?

 

Kenapa penting untuk membahas mengenai aki MF terlebih dahulu? Karena sekali lagi, aki MF ini sekarang banyak digunakan oleh motor-motor keluaran terbaru.

 

Di spesifikasi beberapa motor Honda, kami sempat melihat bahwa aki MF ini tertulis sebagai aki basah. Sedangkan di bayak forum, kami sering melihat aki MF ini dikategorikan sebagai aki kering.

 

Jadi? Mari kita anggap saja aki MF ini sebagai aki kering karena perawatannya tidak seperti aki basah pada umumnya dan nanti kita akan bahas kenapa aki MF ini jadi pilihan banyak pabrikan motor untuk disematkan pada motor-motor keluaran terbaru.

 

Mari kita mulai membandingkan dengan kelebihan dan kekurangan aki kering dan aki basah.

 

Kelebihan dan Kekurangan Aki Kering

Berikut merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan dari aki kering yang biasanya berisi gel.

Kelebihan Aki Kering

  • Dinilai lebih praktis karena minim perawatan, kita tidak perlu sering-sering cek aki, tidak seperti aki basah
  • Jarang diserang oleh jamur
  • Dinilai lebih awet karena alasan di atas (aki basah biasanya lebih pendek umur karena kesalahan perawatan)
  • Minim akan terjadinya kebocoran

 

Kekurangan Aki Kering

  • Harganya relatif mahal bila dibandingkan dengan aki basah
  • Jika sudah rusak, maka sulit untuk diperbaiki

 

Kelebihan dan Kekurangan Aki Basah

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari aki basah.

Kelebihan Aki Basah

  • Harga relatif lebih murah bila dibandingkan dengan aki kering
  • Relatif lebih awet JIKA dirawat dengan benar

 

Kekurangan Aki Basah

  • Mudah terserang jamur di bagian sel jika cairan elektrolit sering low dalam jangka waktu lama
  • Harus sering-sering dirawat yakni mengecek ketinggian cairan aki dan mengisi cairan aki jika low
  • Umur aki akan sangat pendek jika tidak dirawat
  • Bisa mengalami kebocoran jika posisi pemasangan aki miring

 

Alasan Aki MF Banyak Digunakan Oleh Motor Sekarang

Kita coba bahas terlebih dahulu mengenai aki MF atau maintenance free yang sekarang banyak digunakan di motor-motor keluaran terbaru.

 

Aki MF ini tidak mutlak merupakan aki kering, sebab sekali lagi, ada juga aki MF yang isinya adalah cairan elektrolit yang mana disebut aki MF karena kondisi cangkang aki yang tertutup rapat dengan seal sehingga bebas perawatan.

 

Kenapa motor sekarang kebanyakan pakai aki MF dengan cairan elektrolit dan bukan aki MF yang berisi gel dan murni 100% aki kering?

 

Alasannya adalah karena aki MF dengan cairan elektrolit memiliki harga yang lebih murah dan juga bisa lebih awet karena cairan elektrolitnya tidak mudah berkurang (cangkang aki tertutup rapat).

 

Jadi bisa dibilang, aki MF yang sekarang banyak digunakan adalah inovasi dari aki basah yang cangkangnya dibuat serapat mungkin dan sel akinya sudah diupgrade agar cairan aki bisa panjang umur di dalam aki sehingga menambah masa pakai aki tersebut.

 

Selain itu, faktor praktis juga jadi alasan kenapa sekarang sudah jarang motor keluaran terbaru yang benar-benar menyematkan aki dengan jenis 100% basah.

 

Bagus Mana Aki Kering atau Basah Untuk Motor ?? Mari Bahas Bersama

Bagus Mana Aki Kering atau Basah Untuk Motor?

Dari pembahasan kita kali ini, dapat diambil kesimpulan bahwa aki kering lebih bagus bila dibandingkan dengan aki basah, ini dinilai dari kelebihan dan kekurangan kedua jenis aki tersebut.

 

Tetapi jika kita punya banyak waktu untuk sering mengecek aki basah dan kita juga lihai dalam merawat aki basah, maka kami kira aki basah akan jadi aki yang lebih bagus dari aki kering.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...