-->

√ Rekomendasi Kartu Memori Untuk Action Cam, Support 4K?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai rekomendasi kartu memori untuk action cam yang bahkan bisa support 4K.

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa kartu memori atau SD card merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang kualitas video dari suatu kamera tak terkecuali bagi action cam.

 

Jika action cam atau kamera secara umum hanya support resolusi 720p, mungkin kartu memori yang biasa-biasa saja sudah dapat digunakan dengan bagus.

 

Namun lain cerita jika kamera mendukung resolusi 1080p ke atas hingga 4K, tentu dibutuhkan kartu memori khusus yang punya nilai kecepatan tinggi agar tidak ada lag atau patah-patah saat proses rendering atau pencatatan video.

 

FYI, banyak juga yang mengeluh kameranya kurang maksimal karena kartu memorinya tidak begitu bagus, sehingga hasil gambar lag dan lebih parahnya membuat kamera ngehang serta kartu memori sering minta diformat oleh kamera.

 

Lalu, lalu rekomendasi kartu memori yang bagus untuk action cam yang seperti apa?

1. Kartu Memori Kelas 10 Berkecepatan U3

Kartu memori yang umum digunakan untuk kamera modern adalah kartu memori CLASS 10 berkecepatan U3. Pastikan kita membeli kartu memori dengan jenis ini yang original ya! Sebab tak jarang kartu memori ini banyak dipalsukan dan memberi iming-iming harga murah.

 

Salah satu rekomendasi kartu memori dari kami adalah Sandisk Extreme Pro berkapasitas 32 GB yang memang juga banyak direkomendasikan oleh para vlogger lain.

 

Link pembeliannya di sini: Unboxing Kartu Memori Sandisk Extreme Pro 32GB, Apa Bedanya Sandisk Ori dan KW ?

 

√ Rekomendasi Kartu Memori Untuk Action Cam, Support 4K?

Namun sayangnya, kartu memori SANDISK EXTREME PRO 32 GB kami rasa kurang oke untuk resolusi 4K, namun untuk resolusi 1080p 60 FPS atau 2.7K 30 FPS, kami rasa kartu memori yang satu ini sudah sangat mumpuni.

 

Cek review video kartu memori ini di sini:



2. Kapasitas Memori Minimal 16 GB

Ini akan menjadi relatif tergantung dari kebutuhan kita, misal kita hanya merekam di resolusi 720p, maka memory card dengan kapasitas 16 GB atau bahkan 8 GB sudah cukup.

 

Namun lain cerita jika kita menggunakan resolusi 1080p, maka rasanya lebih aman gunakan kapasitas memori 32 GB. Jika 4K bagaimana? Hah ini rasanya perlu kapasitas memori di atas 64 GB.

 

Semakin tinggi kapasitasnya, maka relatif akan semakin mahal harganya. Yang jelas, jika kita gunakan memori berukuran 2 GB di era sekarang, rasanya itu sungguh keterlaluan hehe karena file kemungkinan akan sangat sedikit terbuat.

 

Oh iya, pastikan bahwa kamera kalian bisa dipasangi kartu memori dengan kapasitas tertentu. Contohnya jika kamera hanya support di 32 GB, maka memasangkan kartu memori berkapasitas 64 GB dapat membuat kamera error.

3. V30, A1 atau A2

V30 artinya adalah pencatatan video pada kartu memori minimal berkecepatan 30 MBPS. Sebenarnya untuk resolusi 4K, idealnya gunakan V30 ke atas misalnya saja V60 dst.

 

A1 dan A2 apa? Ini adalah Application class yang pertama kali diperkenalkan oleh Sandisk. A1 memiliki IOPS (Input Output per Second) minimum 1500 kali baca dan 500 kali penulisan per detik. Untuk A2, minimum IOPS-nya adalah 4000 kali baca dan 2000 kali penulisan per detik.

 

FYI, Sandisk Extreme Pro 32 GB hanya memiliki spek V30 A1. Sedangkan Extreme Pro 64 GB ke atas speknya adalah V30 A2.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x