-->

Fungsi Switch Starter Mobil dan Motor

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi switch starter mobil dan motor.

 

Salah satu komponen penting dalam sistem starter elektrik kendaraan bermotor adalah switch starter. Yips, komponen ini merupakan salah satu komponen vital di mana kerap mengalami kerusakan dan di mana jika mengalami kerusakan, maka sistem elektrik starter akan terganggu atau bahkan tidak dapat berfungsi sama sekali.

 

Lalu apa sih fungsi dari switch starter? Mari kita bahas bersama dalam artikel ini.

 

Fungsi Switch Starter Mobil dan Motor

Fungsi switch starter mobil dan pada motor adalah untuk menyalakan mesin kendaraan dengan cara memantik dinamo starter agar mau menggerakan mesin kendaraan bermotor.

 

Switch starter ini membutuhkan daya listrik yang besar, oleh karenanya biasanya bukan suatu tindakan yang bijak jika kita kerap memainkan elektrik starter secara tidak tepat, sebab dapat menyebabkan aki cepat tekor.

 

Nama Lain Switch Starter

Fungsi Switch Starter Mobil dan Motor
Bendik Sonic 150

Pada mobil dan motor, tentu switch starter ini punya bentuk yang berbeda. Pada motor, switch starter ini kadang hanya merujuk pada tombol elektrik starter saja. Tak salah memang, sebab mau tidak mau tombol starter memang bagian dari switch starter.

 

Sedangkan pada mobil switch starter biasanya langsung merujuk pada relay starter di mana memang pada mobil biasanya tidak ada tombol elektrik starter sebab relay starter langsung diaktifkan melalui kunci kontak.

 

Soal nama lain dari switch starter, biasanya komponen ini punya nama lain yakni relay starter atau pun bendik starter.

 

Biasanya relay starter ini letaknya dekat dengan aki, meski pada beberapa motor metik, relay starter letaknya cukup jauh dari aki.

 

Ciri Switch Starter Rusak

Saat kunci kontak dihidupkan dan kita mengaktifkan elektrik starter, maka switch starter akan diberi daya oleh aki untuk memantik dinamo starter. Lalu, apa saja ciri dari switch starter rusak? Berikut poin-poinnya:

  • Hanya bunyi cetek-cetek pada motor
  • Starter tidak merespon sama sekali
  • Starter bisa menyala ketika kutubnya dijumper
  • Dll

 

Kerusakan pada bendik starter atau switch starter bisa bermacam-macam, sebab teknologi mengenai switch starter pada tiap kendaraan berbeda-beda, bahkan untuk tiap varian motor sekali pun.

 

Oleh karenanya, jika mengalami kerusakan pada elektrik starter, langkah bijaknya adalah langung bawa kendaraan  ke bengkel terpercaya agar ditangani lebih lanjut.

 

Ingat, sistem kelistrikan bodi bila salah ditangani dapat menyebabkan dampak fatal seperti korslet hingga kebakaran.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x