-->

Fungsi Ring Piston Expander, SST Penting Yang Wajib Dimiliki !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dari ring piston expander atau secara lebih keren disebut piston ring expander.

 

Alat yang satu ini terkategori sebagai SST atau Special Service Tool di mana alat ini berhubungan dengan bongkar pasang di bagian ruang bakar.

 

Jadi jika kalian sering bongkar pasang mesin tepatnya di ruang bakar, maka kalian wajib memiliki alat yang satu ini.

 

Lalu, apa sih fungsi dari ring piston expander?

 

Fungsi Ring Piston Expander

Fungsi ring piston expander adalah untuk melepas dan memasang ring piston dari alurnya atau dari piston. Cara kerjanya adalah dengan merenggangkan ring piston secara aman agar dapat dengan mudah dilepas atau dipasangkan.

 

Ring piston sendiri memang dapat direnggangkan, namun untuk merenggangkannya harus hati-hati, sebab ring piston dapat dengan mudah patah jika direnggangkan dengan tidak tepat.

 

Sebenarnya bisa saja kita merenggangkan ring piston menggunakan dua obeng min, namun kita akan ditertawakan jika melakukan hal ini saat tes masuk kerja atau tengah ujian kompetisi di sekolah atau di kampus.

 

Nama Lain Ring Piston Expander

Nama lain dari alat ini adalah Piston Ring Plier atau disebut juga sebagai Piston Ring Expander plier.

 

Ngomong-ngomong, bentuk dari alat ini mirip dengan capitan atau tang, hanya saja tentu cara kerjanya berbeda dengan tang atau capitan biasa.

 

Piston ring expander sendiri memiliki beberapa bentuk atau model, salah satunya adalah yang bentuknya cukup rumit seperti ini.


Fungsi Ring Piston Expander, SST Penting Yang Wajib Dimiliki !!!

 

Piston ring expander di atas tergolong lebih mahal harganya, tapi sebanding dengan fungsinya yang dapat membuat proses memasang dan mencopot ring piston jadi lebih aman.

 

Nah dengan demikian saat kita hendak bongkar pasang piston, sebaiknya gunakan alat yang satu ini agar proses kerja kita bisa lebih cepat dan aman.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, alkhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.s



Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x