Batu Bleneng Tol Cipali Km 182, Ini Penampakannya !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai batu Bleneng di Tol Cipali.

 

Bila kita melewati jalan Tol Cipali atau Tol Cikopo - Palimanan, maka kita akan melewati salah satu titik yang dianggap sebagai salah satu titik angker.

 

Kita akan mudah melihat titik ini, terlebih bila kita berada dari arah Jawa Tengah menuju Jawa Barat,

 

Nah titik yang tengah kita bicarakan adalah titik batu besar di Tol Cipali yang dinamai oleh masyarakat sekitar sebagai batu Bleneng.

 

Wah, bagaimana ya penampakan batunya?

 

Batu Bleneng Tol Cipali Km 182

Batu Bleneng Tol Cipali Km 182, Ini Penampakannya !!!


Batu yang satu ini kerap dikait-kaitkan dengan hal-hal mistis yang menyeramkan. Kabarnya ada sosok penunggu di sekitaran batu tersebut.

 

Cerita mengenai keangkeran batu ini sangat masif menyebar di kalangan pemudik yang melewati jalan tol Cipali.

 

Kabarnya, batu yang satu ini tidak dapat dipindahkan dengan metode apapun sehingga mau tidak mau batunya dibiarkan tetap berada di sana dan malah jalur tolnya dibuat berkelok menghindari batu tersebut.

 

Kabarnya, dulu ada petugas yang meninggal dunia ketika ditugaskan untuk menghancurkan batu besar tersebut. Alhasil, demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan lain, maka terpaksa jalan tol di area batu tersebut pun dibuat berkelok.

 

Sebenarnya, dari penuturan warga sekitar, batu Bleneng tentu dapat dihancurkan atau dipindahkan. Namun masyarakat sekitar meminta agar batu tersebut tidak dihancurkan atau pun dipindahkan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

BTW, kita harus waspada jika melintasi area tersebut, pasalnya di sana kita akan menghadapi jalur berkelok yang berbentuk huruf S. jadi jika sepanjang jalan tol Cipali kita terbiasa dengan jalur lurus dan panjang, maka di area tersebut kita harus menurunkan kecepatan karena sekali lagi area tersebut merupakan tikungan.

 

Letak Batu Bleneng Tol Cipali

Menariknya jika kami melihat Google Maps, sepertinya dulu batu ini merupakan salah satu objek wisata. Nah adapun letak batu ini terletak di Jalan Tol Cipali KM 180-182, Walahar, Kecamatan Gempol, Cirebon.

 

Simak video di bawah ini:

 


Mitos Batu Bleneng

Dikutip dari id.wikipedia.org, batu Bleneng tol Cipali punya mitos sebagai berikut:

Batu Bleneng yang ada di Kilometer 182 dekat dengan Gerbang Tol Cipali ini memiliki kisah mitos. Berdasarkan kepercayaan rakyat setempat, Batu Bleneng merupakan tanda asal mula Pulau Jawa menjadi pemukiman. Sumber lainnya menyebutkan batu itu adalah peninggalan jaman dahulu yang digunakan untuk menutup mata air berlumpur yang dapat membuat banjir kawasan tersebut. Berdasarkan lokasinya, Batu Bleneng berada di Desa Walahar yang dahulu ada sumber mata air lahar dari dalam perut bumi. Batu besar ini digunakan untuk menutup sumber mata air lahar yang dibawa dari puncak Gunung Ciremai. Gubung Ciremai merupakan gunung tertinggi yang paling dekat dan berjarak 20 km ke arah selatan dari lokasi Batu Bleneng. Sejak adanya batu tersebut, air lahar tidak keluar lagi, sehingga daerah tersebut dinamakan Walahar.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...