12 Kelebihan dan Kekurangan Jupiter MX 2006

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Jupiter MX lansiran tahun 2006.

 

Menjadi salah satu generasi awal kejayaan dari Jupiter series, faktanya Jupiter MX tahun 2006 masih banyak diburu unit bekasnya.

 

Baik untuk penggunaan harian atau pun untuk inventasi perusahaan kecil-kecilan, yang jelas motor bebek asal Yamaha ini masih banyak dicari.

 

Nah untuk kalian yang penasaran dengan motor yang satu ini, mari kita bahas saja mengenai kelebihan dan kekurangan dari Jupiter MX 2006.

 

Kelebihan Jupiter MX 2006

12 Kelebihan dan Kekurangan Jupiter MX 2006


Ada beberapa kelebihan dari Jupiter MX tahun 2006 , di mana poin-poinnya kami uraikan sebagai berikut:

1. Harga Unit Bekas Yang Murah

Salah satu kelebihan kenapa motor ini banyak dicari unit bekasnya adalah karena motor yang satu ini memiliki harga bekas yang murah, terlebih bila kita bandingkan dengan beberapa kompetitornya dari pabrikan Honda dengan tahun produksi yang sama.

 

2. Mesin Yang Mumpuni

Dibekali dengan kubikasi mesin sebesar 150 cc, MX lansiran tahun 2006 masih banyak diburu karena mesinnya terbilang bandel dan gesit.

 

Hanya saja memang yang jadi kendala sekarang adalah bagaimana mencari unit bekas MX tahun 2006 namun dengan kondisi mesin yang masih prima.

 

3. Masih Mengusung Karburator

Sebenarnya ini menjadi plus dan minus, di mana plusnya adalah motor berkarbu cenderung lebih mudah untuk dirawat sendiri. Minusnya adalah tentu emisi gas buang lebih beracun serta cenderung lebih boros dari motor injeksi dengan kubikasi mesin yang sama.

 

4. Tersedia Dalam 2 Versi

Keunggulan atau kelebihan yang lainnya adalah motor Jupiter MX tahun 2006 ini mengusung dua versi yakni versi kopling dan versi non kopling.

 

Jadi untuk kita yang tidak bisa menggunakan kopling, maka tidak ada salahnya untuk membeli MX tahun 2006 yang tidak dibekali dengan kopling.

 

5. Desain Bodi Masih Dapat Diterima

Kelebihan lainnya adalah desain bodi dari MX tahun 2006 cenderung masih oke untuk diterima. Ya, motor yang satu ini cenderung tidak mudah terlihat jadul meski sudah dipasarkan belasan tahun yang lalu.

 

Tapi perlu diingat bahwa mungkin akan sulit untuk menemukan motor yang masih berbodi kinclong.

 

6. Onderdil Melimpah

Terjamin oleh pabrikan Yamaha, di mana MX yang merupakan salah satu motor bebek legendaris dari Yamaha cenderung memiliki onderdil yang mudah ditemukan baik part ori maupun part aftermarket-nya.

 

7. Sudah Menggunakan Radiator

Di eranya, Jupiter MX ini menggebrak karena sudah mengusung sistem pendingin mesin berjenis radiator dan bukan sistem pendingin udara. Ini tentu jadi kelebihan tersendiri.

 

Kekurangan Jupiter MX 2006

Ada beberapa kekurangan dari Jupiter MX 2006 yang kami cermati sebagai berikut:

1. Suspensi Belakang Terlalu Empuk

Jujur saja, suspensi belakang dari Jupiter MX ini cenderung sangat empuk, bahkan mungkin dapat dikatakan terlalu over.

 

Hal ini tentu membuat kita nyaman saat berkendara, tapi saat mengantam polisi tidur atau pun jalan berlubang, bagian dudukan standar tengah jadi sering terhantam.

 

2. Boros Bahan Bakar

Sebanding dengan performa yang dikeluarkan ditambah dengan mesin yang masih mengusung karbu, konsumsi bahan bakar dari Jupiter MX tahun 2006 dapat dikatakan lebih boros, terlebih jika perbandingannya adalah motor-motor terkini yang sudah mengusung sistem injeksi.

 

3. Bodi Di Dekat Behel Sering Rusak

Kekurangan lainnya adalah bodi sambungan di atas stoplamp atau di bagian bawah behel sering rusak yakni jika sudah dibongkar, maka sering susah untuk rekat dengan sempurna dengan bodi lainnya seperti sedia kala.

 

4. Radiator Sering Ngadat

Keluhan lain yang sering kami dengar adalah radiator dari MX jadul ini sering ngadat di mana sering terjadi kebocoran dan lain sebagainya. Poinnya adalah kita harus merawat radiator ini secara ekstra agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

5. Fitur Seadanya

Kelemahan lain dari MX tahun 2006 adalah fitur yang seadanya. Ya ini wajar, sebab motor ini terkategori sudah sangat lama diproduksinya. Jadi jangan berharap ada speedometer digital dengan banyak indikator atau lain hal.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...