-->

Warna Kabel Plus Minus Aki Mobil, Jangan Sampai Salah!!!

SATUPISTON.COM – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai warna kabel plus minus pada aki mobil.

 

Aki pada mobil merupakan salah satu komponen penting, terlebih untuk mobil-mobil zaman sekarang yang banyak membutuhkan suplai daya listrik DC.

 

Aki sendiri berfungsi untuk menampung daya listrik berjenis DC, namun di sisi lain aki juga memiliki tugas untuk menyuplai komponen yang membutuhkan daya listrik berjenis DC seperti lampu, starter elektrik, dan lain sebagainya.

 

 Aki memiliki masa pakai, di mana jika sudah lemah atau bahkan mengalami drop, maka kita harus charger atau ganti.

 

Dan jika harus diganti, tentu aki lama harus dicopot dari tempatnya dan diganti dengan aki baru. Well, meski terlihat mudah, namun bagi sebagaian orang tentu hal ini cukup membingungkan loh, terutama bagi yang awam.

 

Lalu, back to the point, warna kabel plus dan minus aki mobil yang mana?

 

Warna Kabel Plus Minus Aki Mobil

Warna kabel plus aki mobil adalah merah sedangkan warna kabel minus aki mobil adalah hitam. Biasanya itu yang sering dijumpai di Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan jika akan ada warna lain.

 

Warna Kabel Plus Minus Aki Mobil, Jangan Sampai Salah!!!

Selain untuk mobil, warna kabel plus minus aki tersebut juga berlaku untuk motor. Jadi antara mobil dan motor, warna kabel utama plus minusnya mirip-mirip.

 

Ingat untuk jangan sampai salah dalam memasangkan kabel aki, sebab efeknya cukup mengerikan yakni aki bisa panas, tekor, short, hingga rusak.

 

Selain itu, kesalahan pemasangan aki juga dapat menyebabkan garansi pada aki tidak berlaku (jika ada garansi itu juga hehe).

 

Cara Melepas dan Memasang Aki

Dalam mencopot dan memasang kabel aki, ada aturannya yang bertujuan agar lebih aman serta agar performa dari aki lebih maksimal.

 

Adapun dalam mencopot kabel aki, maka usahakan copot kabel negatifnya terlebih dahulu lalu kabel positifnya. Hal ini bertujuan agar meminimalisir adanya short karena kebel positif lebih dulu “bebas”.

 

Sedangkan dalam memasangkan kabel aki, maka usahakan pasangkan terlebih dahulu kabel positif lalu pasangkan kabel negatif. Hal ini bertujuan agar performa aki lebih baik, sebab jika yang dipasangkan adalah kabel negatifnya dulu, maka ditakutkan akan ada hambatan arus karena terhalang grounding.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x