-->

Piston Ring Compressor Adalah Sebuah Alat Yang Digunakan Untuk ?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dari piston ring compressor.

 

Awalnya kami sempat terkecoh mengenai piston ring compressor, pasalnya pada piston memang ada jenis ring yakni ring kompresi yang tugasnya adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran pada ruang bakar.

 

Namun dalam konteks ini, Piston Ring Compressor adalah salah satu SST atau Special Service Tool yang biasanya digunakan hanya dalam keadaan tertentu.

 

Well, apa sih fungsi dari Piston Ring Compressor?

 

Fungsi Piston Ring Compressor

Piston Ring Compressor adalah sebuah alat yang digunakan untuk memasang piston pada blok silinder atau mesin. SST yang satu ini secara spesifik berfungsi untuk menekan tiap ring piston agar ukurannya pas dengan diameter silinder di blok mesin.

 

Piston Ring Compressor Adalah Sebuah Alat Yang Digunakan Untuk ?

Nantinya jika ukurannya sudah sesuai dengan diameter silinder di blok mesin, maka kita tinggal dorong saja piston, dan tentunya cara ini lebih mempermudah pemasangan piston.

 

Ukuran Piston Ring Compressor

Piston Ring Compressor punya beberapa ukuran yang salah satunya adalah berukuran 4 inchi atau 101,6 mm.

 

Namun ukuran tersebut dapat berbeda-beda tergantung dengan ukuran diameter piston yang hendak dipasangkan.

 

Cara Menggunakan Piston Ring Compressor

Cara penggunaan piston ring compressor sebenarnya cukup mudah yakni hanya tinggal memasukan piston pada Ring Piston Compressor yang sudah diatur ukurannya (diperlebar).

 

Jika sudah terpasang pada piston, selanjutnya Piston Ring Compressor dikerutkan dengan  memutarkan klemnya agar ring piston ikut terkompres.

 

Nah ketika sudah terkompres dan ukurannya jadi pas dengan dinding silinder di blok mesin, maka piston selanjutnya ditekan agar masuk ke silinder.

 

Pada beberapa kasus, kita menggunakan palu karet agar piston dapat masuk ke dinding silinder (pastikan ring piston sudah terkompres dan ukurannya sama atau lebih kecil dengan diameter silinder).

 

Harga Piston Ring Compressor

Harga dari alat SST yang satu ini di beberapa marketplace dihargai mulai dari 50 ribuan tergantung ukuran.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x