-->

Fungsi Piston Ring Plier? Ini Jawabannya

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi piston ring plier.

 

Alat yang satu ini terbilang penting perannya meski jarang digunakan. Ya, jarang digunakan karena hanya digunakan dalam keadaan tertentu.

 

Piston Ring Plier sendiri terkategori sebagai SST atau Special Service Tools, di mana penggunaannya memang jarang digunakan bila dibandingkan dengan alat umum lain seperti kunci pas misalnya.

 

Tapi meski jarang digunakan, sekalinya digunakan, alat spesial yang satu ini akan sangat membantu, lalu apa fungsi dari alat yang satu ini?

 

Fungsi Piston Ring Plier

Fungsi piston ring plier adalah untuk merenggangkan ring piston secara aman agar ring piston dapat dilepas atau dimasukan pada alurnya di piston.

 

Alat yang satu ini juga punya fungsi lain yakni agar ring piston tidak patah atau bengkok karena direnggangkan. Pasalnya, ring piston memang cenderung mudah patah bila direnggangkan dengan tidak tepat.

 

Biasanya secara tidak resmi akan ada yang melepas dan memasangkan ring piston dengan mencongkelnya menggunakan obeng minus, namun hal tersebut tidak direkomendasikan karena dapat membuat ring piston menjadi patah.

 

Selain di sebut sebagai piston ring plier, alat SST ini juga kerap disebut sebagai piston ring expander atau piston ring installer plier.

 

Alat yang satu ini sendiri memiliki beberapa model mulai dari yang cukup simpel hingga yang cukup rumit.

 

Seperti salah satunya adalah seperti gambar di bawah ini yang punya kontruksi lebih rumit dan harga yang lebih mahal.

Fungsi Piston Ring Plier? Ini Jawabannya

 

Alat di atas mirip dengan capit dan tang. Bagian capit akan menahan ring piston agar tidak terlalu merenggang, sedangkan 2 bagian di sisi dalam capitan berfungsi untuk merenggangkan ring piston.

 

Seperti yang kita ketahui, ring piston memiliki celah dan celah tersebut yang nantinya akan direnggangkan agar nantinya ring piston dapat keluar atau masuk dari alurnya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.


Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x