-->

Alat Yang Dipakai Untuk Memasang Ring Kompresi Pada Motor Bakar Disebut ?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai alat yang dipakai untuk memasang ring kompresi pada motor bakar.

 

Secara umum, motor bakar biasanya masih menggunakna piston sebagai jantung vital dalam proses pembakaran di ruang bakar.

 

Piston ini tidak berdiri sendiri, ini merupakan kesatuan dari beberapa part. Sebut saja, pada piston terdapat setidaknya 3 ring piston yang terdiri dari 2 ring kompresi dan 1 ring oli.

 

Ring piston ini bukan komponen abadi, artinya suatu waktu dapat aus hingga rusak karena beberapa alasan seperti dipaksa bekerja saat banjir, oli yang kurang, adanya serpihan logam yang masuk ke ruang bakar dan lain sebagainya.

 

Jika sudah aus, maka proses pembakaran di ruang bakar tidak akan sempurna dan efeknya adalah motor bakar bisa tidak efisien dalam berproses.

 

Piston Ring Compressor

Alat yang dipakai untuk memasang ring kompresi pada motor bakar disebut dengan Piston Ring Compressor, sedangkan alat untuk melepas dan memasang ring pada piston adalah piston ring expander. 

 

Cara kerja dari piston ring compressor adalah dengan menekan ring piston sehingga ukuran pas dengan motor bakar atau silinder.

Alat Yang Dipakai Untuk Memasang Ring Kompresi Pada Motor Bakar Disebut ?

Piston Ring Expander

Piston ring expander juga kerap disebut sebagai piston ring plier atau piston ring expander plier atau piston ring installer pliers expander.

 

Cara kerjanya adalah dengan merenggangkan ring piston dengan lebih aman di titik celah ring piston. Ketika sudah renggang, maka kita tinggal lepaskan atau masukan ring piston dari atau pada alur ring piston.

 

Alat yang satu ini punya beberapa model, dari yang simpel hingga yang cukup rumit kontruksinya.

 Alat Yang Dipakai Untuk Memasang Ring Kompresi Pada Motor Bakar Disebut ?


 Alat Yang Dipakai Untuk Memasang Ring Kompresi Pada Motor Bakar Disebut ?

Tetapi secara umum, alat ini mirip capitan atau tang, tetapi saat kita tekan tuasnya, bagian lain dari alat ini akan membuka dan bukan menjepit.

 

Teknik Tidak Resmi Dalam Membuka Ring Piston

Meski ada alatnya, namun tak jarang masih banyak yang membuka dan memasangkan ring piston dengan menggunakan alat yang tidak diperuntukan.

 

Misalnya menggunakan dua obeng min dan kemudian direnggangkan menggunakan kedua tangan. Cara ini punya beberapa resiko seperti ring piston yang berpotensi patah hingga kegagalan secara kontinue.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Sumber gambar: tokopedia

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x