-->

5 Perbedaan Action Cam Wifi dan Non Wifi

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan action cam wifi dan non wifi.

 

Action cam menjadi salah satu jenis kamera yang saat ini tengah banyak diburu. Pasalnya, seiring dengan menjamurnya outdoor vloggers Youtube, maka kebutuhan akan action cam pun semakin tinggi.

 

5 Perbedaan Action Cam Wifi dan Non Wifi
Source: tokopedia

Action cam sendiri adalah kamera yang dirancang secara khusus untuk kebutuhan mengambil visual gambar atau video di luar ruangan. Action cam punya kelebihan yakni biasanya bentuknya kecil serta lebih tahan akan goncangan, air, hingga benturan (yang wajar).

 

Rekomendasi: Unboxing dan Review Bpro Mark 3s Black EIS, Actioncam Murah Berkualitas Termurah di Shopee


Action cam sendiri dibedakan secara umum menjadi 2 jenis yakni action cam wifi dan action cam non wifi. Lalu, apa perbedaan action cam wifi dan non wifi?

1. Fitur Wifi

Yang pertama jelas adalah fitur Wifi, di mana action cam yang punya fitur wifi dapat terkoneksi dengan wifi di smartphone tanpa menggunakan kabel data, ini tentu sangat praktis dan efisien. Kelebihannya adalah kita jadi bisa melihat hasil kamera langsung di smartphone hanya dengan konektivitas antara action cam dan smartphone, tapi kekurangannya adalah relatif lebih boros baterai serta jika wifi rusak, tentu proses penyimpanan file jadi terganggu.

 

Untuk action cam non wifi, ia tidak dapat konek ke smartphone dengan wifi jadi ya proses penyimpanan data biasanya menggunakan kartu  memori dan transfer filenya menggunakan kabel data atau kartu memorinya dicopot dan dipasang pada perangkat lain.

 

2. Penyimpanan Data

Beberapa action cam wifi dapat menggunakan kartu memori dan atau  transfer file secara real time dari kamera ke smartphone, ini tentu efektif jika penyimpanan dilakukan langsung di smartphone yang punya kapasitas memori yang besar.

 

Untuk action cam non wifi, penyimpanan file utamanya adalah kartu memori. Jadi jika tidak ada kartu memori, maka proses perekaman tidak akan berlangsung karena tidak ada media penyimpanannya.

 

3. Tombol Wifi

Untuk action cam yang support wifi, ia punya tombol wifi khusus atau tombol lain yang difungsikan untuk menyalakan fitur wifi (biasanya tombol up yang ditekan lama).

 

Sedangkan untuk action cam non wifi, ia tidak memiliki tombol untuk wifi, ya namanya juga tidak ada fitur wifi, hehe.

 

4. USB Slot

Kami sebenarnya kurang mengerti dengan ini. Tapi di beberapa tipe action cam, slot USB ada yang 2 dan ada yang 1. Menariknya justrul action cam wifi punya 2 slot USB untuk charger dan transfer file, sedangkan action cam non wifi hanya punya 1 slot USB untuk charger.

 

TAPI KEJADIAN DI ATAS HANYA KAMI TEMUI PADA BEBERAPA MEREK ACTION CAM SAJA, JADI MUNGKIN AKAN ADA PERBEDAAN DI ACTION CAM LAIN.

 

5. Tulisan Wifi

Perbedaan yang terakhir adalah tulisan wifi yang dapat mengidentifikasikan jenis dari action cam. Tentu saja, action cam wifi akan ada tulisan wifi-nya, sedangkan action cam non wifi tidak ada tulisan wifi-nya.

 

Lalu  yang mana yang bagus? Action cam wifi atau non wifi? Secara umum jika komparasinya adalah kamera yang sama, perbedaan tidak akan berbeda jauh.

 

Perlu diketahui bahwa wifi hanya sebuah fitur saja dan tidak berdampak signifikan pada kualitas gambar atau video. Pilih action cam wifi jika kita ingin action cam yang lebih praktis dalam transfer data. Tapi perlu diingat lagi, usahakan beli action cam wifi yang berkualitas (mahal), hal tersebut untuk terhindar dari wifi yang sering error atau tidak berfungsi.

 

Sebab jika sampai action cam wifi tidak berfungsi wifi-nya, maka itu akan cukup merepotkan untuk diperbaiki.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x