-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

5 Penyebab Oli Masuk Ke Ruang Bakar Mobil, Duh Bikin Bingung !!!

SATUPISTON.COM – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab oli masuk ke ruang bakar mobil.

 

Pada umumnya, mobil-mobil terkini memakai mesin 4 tak dengan multi silinder. Baik itu 3 hingga lebih dari 4 silinder (terutama untuk mobil berukuran besar seperti truk hingga bus).

 

Untuk mobil dengan jenis mesin bensin, salah satu masalah yang mungkin sangat menyeramkan adalah oli yang masuk ke ruang bakar.

 

Bukan tanpa alasan, oli yang masuk ke ruang bakar dapat menyebab mobil mogok seketika. Terlebih, jika oli masuk ke ruang bakar, bisa jadi biaya perbaikannya sangat besar.

 

Salah satu ciri dari oli yang masuk ke ruang bakar adalah busi yang terpenuhi oleh oli hingga knalpot mobil yang mengeluarkan kepulan asap putih.

 

5 Penyebab Oli Masuk Ke Ruang Bakar Mobil, Duh Bikin Bingung !!!

Lalu, apa penyebab oli masuk ke ruang bakar mobil?

1. Seal Klep Bocor

Seal klep menjadi salah satu komponen yang sering dituduh ketika oli naik ke ruang bakar. Seal klep sendiri memang tugasnya adalah untuk menyekat oli agar tidak masuk ke ruang bakar.

 

2. Ring Piston Aus

Penyebab lain dari masuknya oli ke ruang bakar adalah ring piston yang sudah aus. Ring piston sendiri terbagi pada beberapa tipe yakni tipe kompresi (biasanya 2) dan tipe untuk menahan oli.

 

Biasanya yang kerap mengalami kerusakan adalah bagian ring olinya. Namun tak jarang semua ring sudah mengalami keausan.

 

Penyebab dari kerusakan ring piston selain karena faktor umur juga karena oli yang tidak sesuai, hingga ada serpihan yang masuk ke mesin mobil.

 

3. Ring Piston Salah Terpasang

Jika kita sebelumnya telah membongkar mesin, bisa jadi penyebab dari oli masuk ke ruang bakar adalah karena pemasangan ring piston yang tidak tepat.

 

Ring piston sendiri memiliki bagian yang terbuka (mirip cincin pada umumnya). Bagian terbuka ini berfungsi untuk mempermudah melepas dan memasang ring pada piston.

 

Posisi celah ring ini harus tidak sejajar dengan celah ring piston lain. Jadi jika sampai sejajar, maka oli dapat masuk melalui celah tersebut.

 

4. Dinding Silinder Baret atau Aus

Penyebab lain dari naiknya oli ke ruang bakar adalah karena dinding silinder atau boring sudah baret atau aus. Hal ini sama bahayanya seperti ring piston yang aus.

 

Saat dinding silinder sudah aus, maka celah antara ring piston piston dan dinding silinder akan besar. Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh oli, jadinya oli dapat naik ke ruang bakar.

 

5. Paking atau Gasket Bocor

Penyebab lain dari oli naik ke ruang bakar adalah paking atau gasket mesin bagian header bocor. Sebenarnya komponen ini jarang rusak, tapi karena salah pemasangan dan karena faktor usia pakai, maka paking atau gasket ini dapat rusak juga.

 

Pada intinya, kita harus memeriksakan pada bengkel terpercaya agar kita lebih paham komponen mana yang mengalami kerusakan.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x