-->

10+ Fitur R15 V4 2021 India, Apa Saja?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai fitur dari Yamaha R15 V4 2021 yang baru saja diluncurkan oleh Yamaha India di hari kemarin (21/9/2021).

 

Well, motor yang satu ini terbilang lebih futuristik sebab menyematkan banyak fitur yang terbilang canggih di kelasnya.

 

10 Fitur R15 V4 2021 India, Apa Saja?

Baca JugaSpesifikasi R15 V4 dan R15M India, Keren-Keren !!!

 

Lalu, apa saja fitur dari R15 V4 2021 yang dikeluarkan oleh Yamaha India?

 

1. Desain Lampu Utama

10 Fitur R15 V4 2021 India, Apa Saja?


Yang pertama kita soroti adalah mengenai fitur lampu utama yang kini tidak dual lamp tapi tampak hanya 1 lampu saja yang ditempatkan di “air ram”. Melihat ini kami jadi teringat dengan modifikator di Indonesia yang memang sudah lebih dulu sering memasukan lampu projie dsb ke dalam “air ram”.

 

Lampu depan baru dari R15 V4 dilengkapi unit LED bi-fungsi tunggal yang memancarkan sinar rendah dan tinggi. Ditandai dengan peningkatan kecerahan (Kelas-D).

 

BTW, bagian lampu tambahan di kiri dan kanan juga nampak seperti lampu alis dan tentu sangat keren sekali bukan?

 

2. Mesin 155 cc VVa

Sebenarnya untuk mesin tidak begitu beda jauh dengan R15 V3 yang ada di Indonesia, tapi untuk V4, mesinnya ternyata mengalami penurunan performa daya dan torsi. Hal ini pula yang disayangkan banyak pecinta motor R15 di Indonesia.

R15 V4 2021 India dilengkapi dengan mesin injeksi, camshaft overhead tunggal berpendingin cairan yang menghasilkan tenaga kuda maksimum 13.5kW (18,4PS)/10000 RPM dan torsi maksimum 14,2N.m (1,4kgf.m) / 7500 RPM.

 

Untuk VVa, ini adalah sistem berperforma tinggi yang menyediakan torsi untuk kemudahan penggunaan bahkan pada RPM rendah. Ada dua cam katup masuk: satu untuk rpm rendah hingga menengah dan satu lagi untuk rpm tinggi. Mereka beralih antara satu sama lain pada tanda 7.400 RPM untuk memastikan tenaga dan torsi yang baik hadir di seluruh rentang putaran.

 

3. Assist & Slipper Clutch

Kopling A&S (assist and slipper) diadopsi untuk mengurangi bobot tarikan kopling dan memberikan pemindahan tegangan rendah selama deselerasi. A&S membantu mengurangi kelelahan pengendara. Ini juga mencegah pengereman mesin yang berlebihan, sehingga mengurangi efeknya pada perilaku sasis. Kopling A&S menghasilkan perpindahan gigi yang mulus dan menyenangkan.

 

4. Traction Control System

R15 V4 hadir dengan Sistem Kontrol Traksi. Ini adalah sistem elektronik khusus yang memiliki kemampuan luar biasa untuk mengurangi kemungkinan terjadinya wheelpin (selip karena kehilangan traksi).

 

5. Quick Shifter (Khusus Up shift)

Quick Shifter (up-shift) memungkinkan pemindahan gigi tanpa kopling. Ini meningkatkan kenyamanan mengendarai kendaraan karena menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan kopling atau throttle sebelum dan sesudah perpindahan gigi.

 

Fitur ini hanya tersedia pada R15M dan R15 V4 berwarna biru dengan warna lain bisa request fitur ini tapi dengan tambahan biaya.

 

6. Upside Down Front Forks

Untuk shock depan USD ini sebenarnya di Indonesia sudah dulu diterapkan pada R15 V3, tetapi untuk di India, USD ini baru diterapkan di R15 V4, sebab R15 V3 masih menggunakan shock teleskopik biasa.

 

Untuk meningkatkan penanganan sporty di jalan berkelok-kelok, R15 terbaru di India telah menggunakan garpu suspensi depan upside down dengan ukuran 37 mm. Garpu depan terbalik meningkatkan kekakuan dan memberikan stabilitas saat berbelok dengan kecepatan tinggi atau selama input pengereman tinggi.

 

7. Dual Channel ABS

Ini fitur yang cukup asyik, sebab R15 V4 di India ternyata sudah mengusung dual channel ABS depan dan belakang.

 

R15 V4 hadir dengan rem cakram depan 282mm dan belakang 220mm dengan Anti-lock Braking System (ABS) yang berarti pengereman yang presisi bahkan saat Sepeda berada pada kecepatan sangat tinggi, tanpa penguncian roda.

 

8. Side Stand Engine Cut-Off Switch

Fitur yang satu ini cukup unik, sebab hampir sama seperti motor-motor metik di mana mesin akan mati jika kita menurunkan standar samping.

 

9. Y-CONNECT APP

Sangat canggih, R15 V4 di India hadir dengan fitur Y-Connect yang artinya motor ini bisa terhubung ke smartphone kita dengan bantuan Bluetooth.

 

Ada beberapa manfaat dari Y-Connect, misalnya adalah untuk menampilkan SMS, Email, notifikasi baterai smartphone, dan lain sebagainya.

 

Fitur ini juga lebih bermanfaat lagi ketika kita menggunakan aplikasi Y-Connect di smartphone, setidaknya kita dapat mencari tahu beberapa hal seperti konsumsi bahan bakar R15 V4 secara lebih akurat, mencari posisi motor saat di parkiran, jadwal service dan lain sebagainya.

 

10. Klakson Ganda

Sebenarnya ini cukup unik ya, di mana R15 V4 di India punya fitur “langka” yakni dua suara klakson yang berbeda.

 

Yamaha di India berpendapat bahwa di kota-kota yang ramai, klakson yang bagus dapat membuat perbedaan antara “terlihat” dan “diperhatikan”. Dual horn atau klakson ganda menghasilkan desibel yang lebih tinggi dan desibel yang lebih rendah (Dual Tone).

 

11. 2 Riding Mode

Dua opsi riding mode pada R15 V4 India tidak membuat mesin jadi lebih boros atau jadi lebih boros. Riding mode ini hanya berpengaruh pada tampilan speedometer.


2 riding mode yang ditawarkan adalah track dan street. Di mana untuk track menampilkan informasi mengenai kecepatan waktu terbaik dan juga waktu putaran sebelumnya (lebih berguna ketika kita tengah melakukan race day di lintasan balap).


Sedangkan untuk mode street atau jalanan akan menampilkan display informasi tentang averaga penggunaan BBM, average speed, coolant temperature serta battery indicator.


Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x