-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ukuran Ban Motor Depan Belakang Sama, Apa Dampaknya?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran ban motor depan dan belakang yang sama. Apa ya dampaknya?

 

Ban pada motor menjadi salah satu komponen penting dalam urusan handling bahkan akselerasi. Saking pentingnya, bahkan ban ini kerap jadi salah satu instrumen teramat penting dalam dunia balap, salah satunya di ajang balap MotoGP.

 

Di ajang balap MotoGP, kerap kita lihat ban pada motornya berukuran berbeda yakni ban depan berukuran lebih kecil dari ban belakang.

 

Lalu untuk motor harian , apa dampak dari ukuran ban depan dan belakang yang sama? Yuk, kita bahas dalam artikel ini.

 

Dampak Ukuran Ban Motor Depan Belakang Yang Sama

Ukuran Ban Motor Depan Belakang Sama, Apa Dampaknya?


Kita harus bedakan dulu jenis motor yang hendak dipasangi ban depan dan belakang yang sama. Pasalnya dampak ukuran ban motor depan dan belakang yang ukurannya sama akan berbeda-beda di tiap motor.

 

Sebut saja, motor metik dan motor bebek yang diameter velgnya hampir sama tidak akan memiliki pengaruh yang terlalu signifikan jika ukuran ban motor depan dan belakangnya sama. Hal ini mirip seperti kasus sepeda goes yang ukuran ban depan dan belakangnya sama.

 

Tapi jika motor yang kita gunakan adalah motor sport yang ukuran velg depan dan belakangnya berbeda sangat kontras diameternya, maka menggunakan ban dengan ukuran yang sama di bagian depan belakang akan sangat tidak menyenangkan.

 

Salah satu alasan kenapa ukuran ban depan lebih kecil dari ban belakang adalah agar lebih mudah untuk bermanuver di tikungan.

 

Sedangkan alasan ban belakang lebih besar diameternya adalah agar lebih balance dan stabil ketika diajak menopang bobot yang cukup berat.

 

Oh iya, biasanya ban depan ini ukurannya lebih tinggi ketimbang ban belakang. hal ini bertujuan agar ban depan lebih oke dalam menyerap atau meredam getaran.

 

Seperti yang kita tahu, ban yang lebih tinggi ukurannya punya keunggulan yakni lebih smooth ketika diajak melewati jalan berlubang.

 

Jadi sekali lagi, ukuran ban depan dan belakang yang sama di sepeda motor akan berbeda dampaknya tergantung jenis motor atau lebih tepanya adalah tergantung ukuran diameter velg bawaan motor.

 

FYI, motor-motor bebek di ajang road race hingga drag race kerap memasangkan ban depan dan belakang yang ukurannya sama.

 

Hal ini karena biasanya pada ajang balap tersebut, velg depan dan belakangnya berukuran hampir sama atau bahkan sama.

 

Satu lagi, jika kita pasang ban depan dengan ukuran yang lebih lebar, biasanya akan ada sedikit dampak yakni jadi lebih susah untuk diajak berbelok atau dalam kata lain lebih ajeg hehe.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x