-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Pembalap Pertamina Mandalika SAG Team, Thomas Luthi Pensiun Tahun Depan

 Satupiston.com – Assalamu’alikum. Salah satu pembalap veteran yakni Thomas Luthi pada akhirnya menyatakan pensiun untuk musim depan. Thomas Luthi sendiri merupakan pembalap Pertamina Mandalika SAG Team untuk saat ini.

 

Thomas Luthi menyatakan keputusan untuk pensiun tersebut lewat akun Instagramnya pada 19 Agustus 2021. Juara dunia GP 125 tahun 2005 tersebut mengaku akan menjadi Sport Director PrustelGP di Moto3 tahun 2022.

 

Pembalap Pertamina Mandalika SAG Team, Thomas Luthi Pensiun Tahun Depan

Thomas Luthi menuliskan pernyataan sebagai berikut di akun Instagramnya:

Seperti yang mungkin kalian sudah dengar, ini akan jadi musim terakhir saya sebagai pembalap Moto2. Paddock MotoGP telah menjadi rumah kedua saya selama 19 tahun dan saya lebih dari sekadar bahagia bahwa saya akan tetap berada di sini selama beberapa tahun ke depan, menghadapi tantangan-tantangan baru… Saya tak sabar untuk mendukung @noah_dettwiler_55 sebagai manajernya dan bahkan bergabung dengan @pruestelgp sebagai Sports Director mulai 2022.

 

Catatan Thomas Luthi di Grand Prix

Luthi melakukan debut perdana secara penuh saat di GP tahun 2003. Ia meraih podium pertamanya di Catalunya Spanyol.

 

Luthi punya statistik 311 start dalam rentang 20 musim. Pembalap berkebangsaan Swiss tersebut berada di belakang Valentino Rossi, Loris Capirossi, serta Andrea Dovizioso sebagai pembalap dengan daftar start paling banyak.

 

Thomas Luthi pernah mengalami banyak kecelakaan dan cedera pada tahun 2004. Ia secara mengagumkan mampu bangkit di tahun 2005 dan merebut gelar juara dunia lewat delapan podium dan empat kemenangan.

 

Pada tahun 2007, rival dari Dani Pedrosa ini naik ke kelas GP250 (sekarang Moto2) dan bertahan di Moto2 hingga sekarang.

 

Luthi adalah salah satu pembalap senior yang disegani di kelasnya. Ia kerap konsisten bertarung di papan atas dan selalu ikut memeriahkan perebutan gelar juara dunia.

 

Luthi tercatat menjadi runner up pada tahun 2016 di bawah Johann Zarco dan 2017 di belakang Franco Morbidelli.

 

Di tahun 2018, Thomas Luthi pernah naik ke kelas utama MotoGP. Namun Luthi kurang kompetitif dan akhirnya ia kembali ke Moto2 pada tahun 2019 dan di tahun come back-nya tersebut, Luthi berhasil berada di peringkat ketiga klasemen akhir.

 

Selain meraih gelar juara dunia, Luthi juga menorehkan catatan 65 podium yang mana 53 di antaranya dicatatkan di kelas Moto2.

 

Setidaknya dari 65 podium, 17 di antaranya adalah kemenangan yang ia raih di 10 sirkuit berbeda. Ia juga bisa menyabet sebanyak 12 pole position.

 

Selama berada di Grand Prix, Luthi pernah membela beberapa tim pabrikan yang di antaranya adalah Honda, Aprilia, Moriwaki, Suter, hingga Kalex.

 

Untuk saat ini, Luthi berada di peringkat ke-23 pada klasemen sementara Moto2. Ia meraih 11 poin dan tertinggal sebanyak 28 poin dari rekan setimnya di Pertamina Mandalika SAG Team yakni Bo Bendsneyder.

 

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x