-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Apakah Ganti Kampas Kopling Harus Ganti Matahari ? Jangan Sampai Salah Sob !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai apakah ganti kampas kopling harus ganti mataharinya juga?

 

So, kami sempat bingung ketika ditanya apa itu matahari kopling? Pasalnya, kami memang tidak ahli dalam kendaraan bermotor beroda empat.

 

Meski dulu mengenyam pendidikan di perbengkelan mobil serta pernah menimba ilmu di bengkel truck besar, namun faktanya kami lebih lama bergelut di dunia permotoran.

 

But, memang matahari ini nampaknya secara konteks memang tidak ada pada motor, tapi secara “fungsi” nampaknya memang ada di motor meski dengan wujud yang berbeda.

 

Pengertian Matahari Kopling

Apakah Ganti Kampas Kopling Harus Ganti Matahari ? Jangan Sampai Salah Sob !!!
Matahari kopling dan kampas kopling. Sumber: Tokopedia


Rupanya pada mobil, matahari kopling adalah clutch cover atau rumah kopling. Komponen ini nantinya akan menjadi perantara antara dudukan kopling dan fly wheel.

 

Id.wikipedia.org mendefinisikan matahari kopling sebagai berikut:

Clutch cover yang juga dikenal dengan istilah matahari kopling atau rumah kopling adalah komponen kopling yang dipasang di flywheel dengan cara dibaut. Fungsinya adalah sebagai tempat dudukan kampas kopling.

 

Apakah Ganti Kampas Kopling Harus Ganti Matahari ?

Kabarnya, kampas kopling pada mobil bisa bertahan hingga jarak tempuh 80.000 Km dengan ketentuan perawatan dan penggunaan yang normal.

 

Lalu jika sudah habis kampas koplingnya, apakah kita harus mengganti juga matahari koplingnya? Jawabannya adalah iya harus.

 

Ketika kita mengganti kampas kopling, maka kita harus mengganti matahari koplingnya. Hal tersebut karena masa pakai kampas kopling dan matahari kopling adalah sama. Jadi jika kampas koplingnya sudah aus, maka kemungkinan besar matahari koplingnya juga sudah aus.

 

Jika tidak diganti bagaimana? Biasanya hal ini dilakukan untuk menekan budget atau biaya perbaikan. Bisa saja, hanya saja kerugian di masa mendatang akan jadi lebih besar.

 

Pasalnya, mengganti kampas kopling namun membiarkan matahari kopling aus akan membuat performa kopling jadi tidak maksimal.

 

Ditambah lagi, jika matahari kopling sudah aus, maka kampas kopling pun berkemungkinan jadi tidak awet. Bila sudah begini, kita malah jadi rugi bukan?

 

Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil

Biaya pergantian kampas kopling mobil ini akan ralatif dan subjektif. Pada intinya, tempat pergantian hingga jenis kerusakan akan mempengaruhi besaran biaya yang harus kita keluarkan ketika mengganti kampas kopling.

 

Namun dari beberapa referensi, pergantian kampas kopling mobil bisa berkisar antara Rp. 350.000 hingga Rp. 900.000.

 

Jenis part, serta jenis bengkel yang menangani (bengkel resmi atau non resmi) dapat mempengaruhi harga atau biaya pergantian secara keseluruhan.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x