-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Apa Kegunaan Oli Shock Absorber Pada Sepeda Motor ? Ketahui Dalam Artikel Ini

SATUPISTON.COM – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kegunaan dari oli shock absorber pada sepeda motor.

 

Shock absorber atau biasa disebut sebagai shock saja merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor termasuk pada sepeda motor.

 

Shock absorber merupakan komponen pada suspensi yang punya peranan penting dalam kenyamanan berkendara serta handling saat masuk tikungan, saat menikung, serta saat keluar tikungan.

 

Pada ajang balap motor, shock absorber depan dan belakang sering disetting sedemikian rupa agar dapat membantu motor berakselerasi dengan stabil dalam rintangan sirkuit yang beragam.

 

Apa Kegunaan Oli Shock Absorber Pada Sepeda Motor ? Ketahui Dalam Artikel Ini

Ngomong-ngomong, apa keguanaan oli shock absorber pada sepeda motor? Berikut penjelasannya:

1. Peredam Getaran

Oli shock absorber punya peranan cukup dominan dalam meredam getaran atau hentakan atau kejutan yang terjadi ketika kendaraan bermotor melewati jalanan yang tidak rata. Yips, selain per atau spring, oli shock juga punya peranan dalam meredam getaran atau hentakan.

 

2. Mengembalikan Posisi Shock Ke Posisi Semula

Fungsi lainnya dari oli shock absorber adalah untuk mengembalikan posisi shock ke keadaan semula. Seperti yang kita ketahui, saat ada hentakan, maka shock akan turun ke bawah. Oleh karenanya, per serta oli shock akan bermain sehingga suspensi dapat kembali naik ke posisi semula.

 

Jika nantinya posisi shock tidak kembali ke posisi semula, maka ada beberapa kemungkinan kesalahan seperti kebocoran pada shock absorber, hingga kerusakan pada per shock absorber.

 

Oli Shock Pada Shock Absorber

Oli absorber setidaknya bisa bertahan lebih dari jarak tempuh 30.000 Km. namun jika sering membawa bobot berat, melewati jalan rusak, atau sering menabrak lubang dengan kecepatan tinggi, maka usia pakainya bisa lebih pendek.

 

Oli shock ini harus diisi sesuai dengan speknya yakni takarannya harus pas serta kekentalan olinya harus sesuai.

 

Pasalnya, jika oli terlalu encer maka efeknya hampir sama seperti takaran oli yang kurang yakni membuat shock absorber jadi terlalu mudah turun atau terlalu empuk.

 

Sebaliknya jika oli shock terlalu kental, maka efeknya hampir sama seperti oli yang kelebihan yakni membuat shock absorber jadi terlalu keras.

 

Baca Juga22 Oli Shock Depan Yang Bagus, Ini Pilihan Rekomendasinya

 

Pada intinya, baik shock depan atau shock belakang pada motor biasanya menggunakan oli dan per. Hanya saja untuk shock depan, per ada di bagian dalam dan takaran oli lebih dominan.

 

Sedangkan untuk shock belakang, biasanya per lebih dominan dari oli shock. Selain itu, umumnya per di shock belakang ada di luar dan bukan di dalam.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x