-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Apa Itu Double Long Lap Penalty di MotoGP?

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti dari double long lap penalty di MotoGP.

 

MotoGP menjadi salah satu ajang olahraga non sepak bola yang banyak digemari di dunia. MotoGP sendiri merupakan gelarang ajang balap motor prototype.

 

Motor prototype sendiri adalah motor non produksi massal. Jadi tiap pabrikan yang ada di MotoGP akan meracik motor yang dikhususkan untuk balapan di ajang MotoGP (bukan motor untuk dijual secara massal).

 

Nantinya, teknologi-teknologi di MotoGP ini akan diterapkan pada motor produksi massal jika memungkinkan. Tetapi kadang selain teknologi, desain motor balap prototype pun sering diterapkan pada motor produksi massal.

 

Sebagai contoh, kita mungkin familiar dengan Yamaha YZR M1 yang desainya dicopy dengan ubahan pada Yamaha R1 hingga Yamaha R15.

 

Nah back to the point, apa itu double long lap penalty?

 

Arti Double Long Lap Penalty MotoGP

Double long lap penalty ini merupakan hukuman yang dasarnya merupakan hukuman long lap penalty. Long lap penalty sendiri merupakan hukuman bagi pengendara yang melakukan kesalahan tertentu.

 

Baca JugaArti Long Lap Penalty Pada Motogp

 

Long lap penalty adalah hukuman yang mengharuskan pembalap menggunakan salah satu rute di sirkuit yang secara teknis membuat jalurnya lebih panjang dari lintasan reguler.

 

Dengan melewati jalur tersebut, maka pembalap akan kehilangan waktu selama beberapa detik dan hal tersebut dirasa cukup untuk mengganti jenis penalti lama yang mengharuskan pembalap memasuki area pit lane.

 

Pengertian di atas adalah pengertian untuk long lap penalty, sedangkan double long lap penalty adalah hukuman yang lebih berat dari long lap penalty, dimana pembalap harus melakukan 2 kali long lap penalty pada jalur yang telah disediakan.

 

Penyebab Pembalap Terkena Double Long Lap Penalty

Ada beberapa alasan yang menyebabkan pembalap terkena double long lap penalty. Salah satunya adalah karena dianggap membahayakan pengendara lain hingga membahayakan orang-orang yang ada di wilayah pit lane.

 

Apa Itu Double Long Lap Penalty di MotoGP?
Zarco (Putih), Miller (Merah), dan Quartararo (Biru) di Podium GP Le Mans 16/5/2021

Salah satu pembalap yang pernah terkena double long lap penalty adalah Jack Miller, dimana ia telat menurunkan speed di saat memasuki pit lane untuk mengganti motor ke motor settingan basah.

 

Ia melakukan hal tersebut di GP Prancis 2021. Namun beruntungnya adalah Jack Miller berhasil menjuarai GP Prancis 2021 meski 2 kali melakukan long lap penalty.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x