-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

4 Tata Cara Berkendara Yang Baik di Jalan Raya


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai tata cara dalam berkendara yang baik di jalan raya.

 

Di Indonesia, lalu lintas sangat padat. Motor, sepeda, mobil, bus, truk, dan lain sebagainya sering tumpah ruah secara bersamaan di jalan raya.

 

Di kota-kota besar, kerap kali lalu lintas benar-benar padat merayap. Karena beberapa alasan seperti ingin tiba ketujuan dengan cepat, tak jarang banyak yang menyalahi aturan dengan melupakan cara berkendara yang baik.

 

Lalu apa saja sih tata cara berkendara yang baik di jalan raya itu?

 

Cara Berkendara Yang Baik di Jalan Raya

4 Tata Cara Berkendara Yang Baik di Jalan Raya

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan ketika kita hendak turun ke jalan raya untuk berkendara. Beberapa poin tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Kendaraan Layak Jalan

Ini menjadi hal penting, jadi sebelum kita berkendara, maka kita harus pastikan bahwa kendaraan yang akan kita tunggangi benar-benar dalam keadaan baik dan layak jalan.

 

Misalnya saja, spion terpasang, tekanan udara di ban cukup, tidak menggunakan knalpot racing, serta ada bensinnya.

 

Kita dapat dikenai pasal jika pada akhirnya menggunakan kendaraan yang tidak layak jalan. Dan menggunakan kendaraan yang tidak layak jalan merupakan tindakan yang tidak baik.

 

2. Patuhi Aturan Berlalu Lintas

Kita dapat buka Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan agar lebih memahami mengenai aturan dalam berlalu lintas di jalan raya.

 

Sub bab ini dapat mencakup beberapa hal fundamental seperti harus memakai helm di jalan bagi pemotor, harus memiliki SIM bagi pengemudi kendaraan bermotor, dilarang bonceng lebih dari 2 orang bagi pemotor, dilarang melawan arus, dilarang ngebut, dilarang putar balik sembarangan ,harus memakai sabuk pengaman bagi pengendara dan penumpang di mobil, serta lain hal.

 

3. Tidak Melawan Petugas Yang Tengah Bertugas

Ada kalanya ada petugas baik dari pihak kepolisian hingga jajaran lainnya yang melakukan operasi atau sekedar tugas mengatur lalu lintas.

 

Sebagai pengendara yang baik, kita harus juga menurut pada anjuran petugas yang tengah bertugas atau beroperasi.

 

Misal jika harus putar balik ya kita nurut, lalu jika ada razia resmi ya kita nurut juga. Jadi tidak boleh melawan petugas dengan membandel atau dengan cara lainnya.

 

4. Hormati Hak Pengguna Jalan Lain

Ini terkadang disebut juga sebagai etika berkendara yang mana ada yang diatur dalam UU dan ada juga yang tidak tercantum di UU.

 

Kita harus menghargai dan menghormati pengguna jalan lain misal tidak menggunakan trotoar bagi pemotor, tidak berhenti di zebra cross, tidak melawan arus, serta memberikan jalan bagi kendaraan prioritas seperti ambulance.

 

Pada hal yang lebih spesifik, kita harus memberikan jalan bagi yang hendak menanjak, hingga kita harus memberikan jalan bagi yang hendak menyalip dengan rintangan di depannya.

 

Kesalahan-Kesalahan Saat Berkendara di Jalan Raya

Ada beberapa kesalahan yang sering terjadi dan dianggap lumrah bagi pengguna kendaraan di jalan raya. Misalnya saja:

  • Melawan arus
  • Tidak menyalakan lampu depan bagi pemotor di siang hari
  • Tidak memakai helm bagi pembonceng motor
  • Tidak mengenakan sabuk pengaman bagi pengemudi mobil
  • Tidak memiliki SIM saat berkendara di jalan raya
  • Tidak melengkapi kendaraan dengan surat-surat yang sah, misal STNK yang mati karena tidak bayar pajak

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x