-->

Warna Kabel Positif dan Negatif Pada Charger Laptop

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai warna kabel positif dan negatif pada charger laptop.

 

Charger atau catu daya merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk mengisi daya listrik pada baterai.

 

Baterai di sini bisa itu baterai HP, aki (accumulator), hingga baterai pada laptop seperti apa yang hendak kita bahas di bawah ini.

 

Charger dari laptop sendiri biasanya berarus DC, namun ada juga yang ujungnya AC (bagian yang terhubung ke stop kontak listrik) kemudian di bagian adaptornya DC.

 

Biasanya kabel charger laptop tergolong panjang, bisa 2 hingga 3 meter. Ini tentu jadi masalah jika kita menggunakan laptop di rumah dan posisi laptop dan stop kontak jaraknya dekat.

 

Biasanya jika kondisinya seperti itu, kabel dari charger laptop akan digulung. Saat digulung, tak jarang malah membuat kabel rusak yakni terputus bagian serat kabel di dalamnya.

 

Jika sudah begini, maka opsinya adalah ganti ke charger baru atau lakukan perbaikan dengan memotong kabel yang rusak lalu menyambungnya kembali.

 

FYI, kami pernah mengalami kerusakan pada charger laptop, setelah dibawa ke beberapa tukang service, alhasil malah membuat laptop mati dan harus diganti tiap IC-nya.

 

Jadi untuk kalian yang mengalami kerusakan pada kabel charger laptop, usahakan tangani dengan benar dan tepat, sebab jika salah bisa-bisa seperti kasus kami.

 

Warna Kabel Positif dan Negatif Pada Charger Laptop

Kami beberapa kali berjumpa dengan charger laptop yang berbeda-beda, dan komposisi kabelnya pun berbeda-beda. Jadi sebelum kami paparkan lebih jauh, kami akan bagikan dulu beberapa jenis komposisi dari kabel charger laptop yang pernah kami temui.

 

Jadi ada yang kabelnya berjumlah 2 dengan tiap kabel dipisah oleh kulit kabel, seperti gambar di bawah ini:

Warna Kabel Positif dan Negatif Pada Charger Laptop
Source: id.quora.com

 

Jika kabelnya seperti gambar di atas, maka kabel positifnya berwarna merah dan kabel negatifnya berwarna hitam. Namun ada juga yang kabel negatifnya berwarna biru dan kabel positifnya berwarna putih.

 

Sedangkan ada juga kabel charger laptop yang memiliki kabeli positif dan dibalut dengan serat kabel negatif. Jadi biasanya kabel charger yang seperti ini memiliki kabel positif yang lebih kecil, sedangkan kabel negatifnya cenderung lebih banyak.

 

Warna Kabel Positif dan Negatif Pada Charger Laptop
Source: id.aliexpress.com

 

Kabel dengan jenis yang kedua ini memiliki warna kabel positif yang lebih bervariatif, ada yang berwarna hitam, merah, hingga putih.

 

Jika kabel charger laptop kalian adalah tipe yang kedua, maka kita tidak perlu repot-repot untuk mencari yang mana negatif dan yang mana positif. Sebab yang positif dibungkus kabel, sedangkan yang negatif berada di luar dan “menyelimuti” bagian kabel positif.

 

Kesimpulan

Warna kabel positif dan negatif pada charger laptop akan sangat bergantung dengan model kabel yang digunakan. Jika model kabelnya adalah 2 kabel yang dipisah oleh kulit kabel, maka yang positif berwarna merah atau putih, sedangkan yang negatif berwarna hitam atau biru.

 

Lalu jika model kabelnya adalah kabel positif yang diselimuti oleh serat kabel negatif, maka kabel positifnya akan memiliki warna yang lebih bervariatif yakni bisa merah, putih, hingga hitam. Namun kabel charger dengan jenis ini lebih mudah untuk dimengerti, sebab bagian positifnya pasti yang lebih kecil, sedangkan yang negatifnya adalah yang tidak diberi kulit kabel.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x