-->

Warna Kabel Positif dan Negatif Pada Charger Aki, Warna Apa?


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai warna kabel positif dan negatif pada charger aki.

 

Aki adalah salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Aki ini punya fungsi yang vital yakni untuk menampung daya listrik dari sistem pengisian, serta menyalurkan daya listrik pada komponen-komponen yang membutuhkan seperti lampu, elektrik starter, klakson, dan lain sebagainya.

 

Aki sendiri harus digunakan dengan baik dan sebijak mungkin, misal jangan biarkan lampu-lampu tetap menyala padahal tidak digunakan.

 

Atau jangan pula memodifikasi sistem kelistrikan secara berlebihan, sebab akibatnya dapat membuat aki cepat tekor bahkan drop.

 

Jika aki hanya tekor yakni tegangan listriknya kurang dari 12 volt, maka kita dapat melakukan pengisian ulang dengan charger aki.

 

Singkatnya, kita datang ke bengkel charger aki untuk melakukan pengecasan. Namun jika kita punya sedikit uang, maka kita bisa juga beli charger aki sendiri agar dapat digunakan untuk melakukan pengecasan sendiri di rumah.

 

Warna Kabel Positif dan Negatif Pada Charger Aki

Biasanya kabel positif pada charger aki berwarna merah, sedangkan kabel negatif pada charger aki akan berwarna hitam. Namun mungkin akan ada warna lain misal merah dan hijau, dimana merah untuk positif dan hijau untuk negatif. Namun lumrahnya di Indonesia, charger aki memiliki kabel merah dan hitam.

 

Jika kabelnya tidak berwarna, maka biasanya bagian ujung dari penjepit kutub akan diberi pelindung dari karet yang berwarna dan warna merah akan tetap jadi positif sedangkan yang warna hitam akan jadi negatif.

 

Pastikan kita memasangkan dengan benar kabel dari charger aki pada aki, sebab bisa saja kita tahu arti warna dari kabel charger aki, namun kita teledor menempatkannya pada kutub aki.

 

Kutub aki positif biasanya akan diberi tanda simbol + dan kutub aki negatif akan diberi tanda -.

 

Jangan sampai salah karena dapat menyebabkan aki short, drop, dan tidak dapat dipakai lagi. Hal itu juga berlaku pada charger akinya yang dapat jadi rusak.

 

Tips Memilih Charger Aki

Warna Kabel Positif dan Negatif Pada Charger Aki, Warna Apa?


Pastikan kita membeli charger aki yang speknya sesuai dengan kapasitas aki yang kita punya. Ada baiknya keluarkan uang lebih banyak untuk membeli charger aki yang sedikit lebih mahal.

 

Sebab charger aki yang mahal biasanya punya kualitas baik dan dapat digunakan untuk aki yang tekornya sudah parah.

 

Kami sempat membeli charger aki motor yang murah, namun aki tersebut tidak dapat digunakan untuk aki motor yang tekornya sudah parah atau aki yang sudah drop.

 

Baca JugaReview Pemakaian Charger Aki Motor Otomatis Murah 12 Volt 6 Ampere

 

Simak saja review kami tentang charger aki murah portable di bawah ini:

 


Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x