-->
★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Warna Kabel Hitam Strip Putih, Apa Artinya ??

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti dari warna kabel hitam strip putih.

 

Kabel menjadi salah satu komponen yang berfungsi sebagai penerus daya listrik. Kabel ini banyak digunakan pada beberapa sektor, misalnya pada sektor industri, rumah tangga, hingga kendaraan bermotor.

 

Penggunaan kabel sendiri tidak dapat sembarangan. Ada tipe, ukuran, kode, hingga warna yang harus digunakan agar kabel dapat digunakan sesuai dengan peruntukannya.

 

Terbayang bukan? Jika warna kabel semuanya putih, atau semuanya warna hitam. Komponen elektronik memang akan tetap dapat menyala, namun ketika melakukan perbaikan, itu akan jadi masalah besar.

 

Sebut saja, kita hendak memperbaiki kabel menuju lampu utama di motor. Jika warna kabel di motor semuanya hitam, tentu kita akan bingung.

 

Sedangkan jika kabel ada warna dan ukuran serta kodenya, tentu memperbaiki perkabelan jadi lebih mudah. Misalnya saja, ketika kita hendak memperbaiki kabel yang menuju lampu utama  motor.

 

Kemudian setelah kita baca-baca, ternyata kabel yang menuju lampu utama adalah berwarna hijau dan kuning serta ukurannya relatif kecil.

 

Dengan modal warna dan ukuran kabel tersebut, maka kita dapat langsung menyusuri perkabelan dan tinggal mengoprek kabel berwarna hijau dan kuning. Jadi warna kabel yang lain kita biarkan.

 

Nah sekarang, ada warna kabel yang terbilang jarang digunakan, termasuk pada motor. Warna tersebut adalah warna hitam strip putih, wah warna apa ya itu?

 

 

Arti Warna Kabel Hitam Strip Putih

Warna Kabel Hitam Strip Putih, Apa Artinya ??

Warna kabel hitam strip putih atau warna kabel hitam bergaris putih biasanya digunakan pada  motor Yamaha untuk menuju komponen cut engine atau stop engine.

 

Cut engine sendiri berfungsi untuk mematikan mesin pada motor dengan cara menekan saklar atau tombol di setang kanan. Salah satu motor Yamaha yang menggunakan fitur cut engine ini adalah Yamaha Byson.

 

Namun perlu diketahui, tiap merek motor atau tiap alat berkemungkinan memiliki arti yang berbeda untuk warna kabel hitam strip putih ini.

 

Adapun untuk warna hitam, sudah sejak lama dipercaya sebagai kabel untuk arus negatif atau minus.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


x