-->
★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Sighting Lap MotoGP Artinya ? Ini Loh Sob !

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti dari sighting lap pada MotoGP.

 

MotoGP yang merupakan ajang balap prototype kelas dunia sering menghadirkan beberapa istilah yang kadang tidak mudah untuk dipahami.

 

Seperti apa yang akan kita bahas di artikel ini. Dimana ada istilah atau kata sighting lap.

 

Sighting lap sendiri sering tertera di layak kaca ketika balapan hendak dimulai atau pun ketika tengah ada re-start karena adanya insiden (hujan atau pun kecelakaan).

 

Lalu, apa itu Sighting lap dalam MotoGP?

 

Arti Sighting Lap MotoGP

Sighting Lap MotoGP Artinya ? Ini Loh Sob !


Sighting bila kita terjemahkan dari Google Translate artinya adalah pengamatan, sedangkan bila yang kita masukan adalah sighting lap, maka artinya adalah putaran pengamatan.

 

Adapun secara spesifik, arti dari sighting lap adalah putaran awal dimana pembalap memasuki lintasan menuju starting grid dari pit lane atau garasi masing-masing.

 

Sighting lap ini biasanya hanya dilakukan sebanyak 1 kali saja hingga menuju posisi start masing-masing.

 

Namun pada beberapa kondisi seperti saat lintasan basah, maka sighting lap bisa dilakukan sebanyak 2 putaran (untuk memanaskan ban).

 

Prosedur Sighting Lap MotoGP

Seperti yang kita ketahui, biasanya garasi tiap pembalap sejajar dengan area atau wilayah starting grid.

 

Oleh karenanya jika pembalap ingin masuk ke starting grid dari pit lane, maka opsinya adalah mengelilingi terlebih dahulu lintasan.

 

Adapun jika pembalap telah melakukan sighting lap, maka biasanya pembalap akan ada di posisi start masing-masing sebelum pada akhirnya akan melakukan warm up lap (saat race).

 

Saat sighting lap, biasanya motor tidak digeber secara maksimum. Hal tersebut dikarenakan sesi sighting lap masih sebatas “pemanasan” dan cenderung seperti persiapan sebelum warm up lap sebelum race.

 

Ngomong-ngomong, selain dilakukan pas awal race, sighting lap juga dilakukan saat re-start di tengah balapan karena adanya red flag.

 

Secara umum, baik saat awal race maupun saat re-start, sight lap dilakukan dengan cara yang sama.

 

Yang membedakan nantinya adalah posisi starting grid saat awal race dan saat re-start serta kondisi motor saat awal race dan saat re-start.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


x