-->

Pasang Aki, Plus atau Minus Dulu ?


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara pasang aki dari sudut pandang kabelnya, kabel plus atau minus dulu ???

 

Aki atau accumulator merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor, terlebih untuk kendaraan bermotor masa kini.

 

Accumulator sendiri berfungsi untuk menyuplai pasokan daya listrik DC pada komponen-komponen yang membutuhkan seperti klakson, starter elektrik, lampu, dan lain sebagainya.

 

Aki memiliki masa pakai atau usia pakai, dimana jika sudah habis masa pakainya, maka aki akan mengalami penurunan performa yakni tekor hingga drop.

 

Jika sudah demikian, maka kita harus melakukan pergantian aki atau diakali dengan melakukan charger (meski tidak maksimal performanya).

 

Nah berawal dari komentar di akun Youtube kami, kurang lebih kami jadi belajar lagi mengenai cara melepas dan memasang kabel aki.

 

Rupanya kami masih kerap salah dan keliru dalam memasang aki, jadi yang benar bagaimana?

 

Cara Pasang Kabel Aki

Pasang Aki, Plus atau Minus Dulu ?

Kami selalu beranggapan bahwa untuk memasang kabel aki harus negatif (minus) dulu, baru kabel plus. Namun rupanya itu salah.

 

Untuk pasang kabel aki, maka ideal dan dianjurkannya memasang kabel plus atau positif dulu baru kabel negatif.

 

Mengapa demikian? alasannya adalah agar arus dan tegangan listrik di aki tidak tertahan oleh kabel negatif yang lebih dulu terpasang di aki.

 

Selain itu, dikhawatirkan kabel positif yang belum terpasang bersentuhan dengan grounding, jadi bisa menyebabkan percikan api dan korslet.

 

Kabel plus sendiri biasanya berwarna merah, sedangkan kabel minus biasanya berwarna hitam. Ciri lain dari kabel plus atau positif adalah memiliki karet pelindung yang mencegah agar kabel tersebut tidak bersentuhan langsung dengan komponen gorunding pada kendaraan.

 

Cara Melepas Kabel Aki

Sebenarnya untuk melepas kabel aki, bisa positif dulu, bisa juga negatif dulu. Namun guna keamanan, maka harus negatif dulu dan kemudian kabel positif.

 

Alasannya adalah agar meminimalisir adanya korslet karena kabel positif dilepas dulu (terkena grounding).

 

Dari penuturan akun yang mengomentari Youtube kami, disebutkan bahwa motornya mengalami kerusakan berupa mati pada speedometernya dan disebutkan pula bahwa diduga karena kesalahan dalam memasang aki.

 

So, sebelum memasang aki, ada baiknya juga kita mengecek fuse atau sikring pada kendaraan. Hal ini agar motor atau mobil dapat lebih aman ketika adanya korslet karena pemasangan dan pencopotan aki yang bermasalah.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x