-->
★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Banyak Yang Salah! Di Sini atau Disini ????

 

Banyak Yang Salah! Di Sini atau Disini ????

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan out of the topic dari dunia otomotif dan membahas mengenai penulisan yang benar dari di sini atau disini.

 

Lah apa ini? Jadi meski kami sendiri sering asal-asalan dalam menulis, tapi terkadang kami menggunakan kata yang benar-benar baku, sebab saat menulis kerap kali kami teringat dengan dosen kami yang sering memberitahu kami bahwa tulisan kami salah dalam hal ejaan atau pun penulisan.

 

Nah yang akan kita fokuskan di sini adalah mengenai penulisan dari “di” yang tepat dan benar.

 

Sebenarnya menulis “di” ini cukup basic, namun sayangnya memang kadang terlupakan dan kadang tidak diajarkan di bangku sekolahan.

 

Adapun untuk keperluan sehari-hari, kami rasa penulisan “di” ini memang bisa dipahami dan tidak begitu jadi soal.

 

Namun beda halnya jika kita akan menyurat secara formal misal ingin melamar pekerjaan, menyurati bank, dan lain sebagainya.

 

Ejaan yang tidak tepat dapat berakibat fatal, dan salah satu ejaan yang kerap salah adalah penulisan “di”.

 

Di Sini atau Disini?

Penulisan yang tepat adalah di sini dan bukan disini. Kenapa demikian? Pasalnya “sini” menunjukan tempat dan dalam kaidah penulisan “di”, maka harus dipisahkan ketika menunjukan tempat, misalnya di Bandung, di rumah, di mobil dan lain sebagainya.

 

Adapun penulisan “di” yang digabungkan dengan kata selanjutnya harus dilakukan jika tidak sedang menunjukan tempat misalnya dimarahi, dibawa, didengar, dilihat, dan lain sebagainya.

 

Hal ini juga berlaku untuk “ke”, dimana jika menunjukan tempat, maka harus dipisah. Misalnya adalah ke Jakarta, ke rumah, dan lain sebagainya.

 

Jika tidak menunjukan tempat, maka harus digabung. Misalnya saja kelainan, kesembilan, dan lain sebagainya.

 

Khusus untuk penulisan dengan angka, maka harus menggunakan strip, misalnya adalah kesembilan yang jadi ke-9. Strip di sini menunjukan bahwa antara ke dan angka selanjutnya memiliki keterikatan.

 

Mengenal Apa Itu Preposisi

Apa yang tengah kita bahas di atas dinamakan dengan preposisi atau kaidah dalam penulisan suatu kata bila bertemu dengan kata lain dengan maksud dan tujuan tertentu.

 

Menurut id.wikipedia.org, preposisi (Bahasa Latin: prae, "sebelum" dan ponere, "menempatkan, tempat") atau kata depan adalah kata yang merangkaikan kata-kata atau bagian kalimat dan biasanya diikuti oleh nomina atau pronomina. Preposisi bisa berbentuk kata, misalnya di dan untuk, atau gabungan kata, misalnya bersama atau sampai dengan.

 

Nah bagaimana sob? Sudah paham? Artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


x