-->

SIM Seumur Hidup PKS, Apa Maksudnya ?

 

SIM Seumur Hidup PKS, Apa Maksudnya ?


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Masih ada yang belum tahu mengenai maksud SIM seumur hidup PKS, wah apa ya maksudnya?

 

SIM atau Surat Izin Mengemudi merupakan salah satu lisensi berbentuk kartu yang diterbitkan Polri pada pengguna kendaraan bermotor di Indonesia yang telah memenuhi beberapa persyaratan.

 

Di Indonesia sendiri, SIM ini memiliki masa aktif selama 5 tahun dan dalam pembuatan serta perpanjangannya ada beberapa tes seperti tes kesehatan dan tes praktik.

 

Meski dapat diperpanjang perlima tahun sekali, namun tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang dapat gagal memperpanjang SIM seperti karena pengelihatan yang sudah menurun, skill berkendara yang sudah berkurang, dan lain sebagainya.

 

Oleh karenanya tidak heran jika sebagian masyarakat di Indonesia kadang berfikir dan berharap ada SIM yang masa aktifnya seumur hidup seperti E-KTP.

 

Ngomong-ngomong, beberapa tahun lalu menyeruak SIM seumur hidup PKS, wah apa ya itu?

 

Maksud SIM Seumur Hidup PKS

SIM seumur hidup PKS adalah wacana pemberlakuan RUU Penghapusan Pajak Sepeda Motor dan Pemberlakuan SIM Seumur Hidup yang dicoba diperjuangkan oleh Partai Keadilan Sejahtera pada tahun 2018-2019 silam.

 

Wacana tersebut dicetuskan oleh PKS dalam agenda politik, dimana jika PKS menang di pemilu 2019, maka PKS akan berusaha memperjuangkan penghapusan pajak sepeda motor dan memperjuangkan adanya SIM yang berlaku seumur hidup.

 

Namun meski begitu, wacana tersebut faktanya tidak terwujudkan hingga kini.

 

Penolakan Akan SIM Seumur Hidup

Meski beberapa masyarakat menginginkan adanya SIM yang berlaku seumur hidup. Namun ada lebih banyak yang menolak adanya SIM seumur hidup.

 

Pasalnya, SIM ini sifatnya bukan hanya sekedar kartu identitas seperti KTP. SIM merupakan “tes” per periodik (5 tahun sekali) yang mana jika pada tiap perpanjangan kita gagal dalam tes, maka kita tidak dapat memperpanjang SIM.

 

Selain itu, kini SIM juga mengusung poin. Dimana jika pengendara sering melanggar aturan berlalu lintas dan mengumpulkan banyak poin, maka si pengendara dapat dicabut SIM-nya.

 

Jadi tentunya SIM seumur hidup merupakan salah satu wacana yang mungkin akan sulit terlaksana, pasalnya SIM juga menjadi indikator bahwa pengendara memang layak berkendara di jalan raya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x