-->

Apakah COD Bisa Kembalian? Ini Jawabannya !!

Apakah COD Bisa Kembalian? Ini Jawabannya !!

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Buat kita yang baru menggunakan sistem jual beli COD di marketplace, mungkin terbesit pertanyaan apakah sistem COD bisa melayani kembalian uang?

 

COD atau cash on delivery memang akhir-akhir ini menjadi trend, terlebih salah satu marketplace di Indonesia kerap memberikan promo gratis ongkir untuk transaksi dengan sistem COD.

 

COD sendiri artinya adalah cash on delivery atau pembayaran dilakukan saat pengiriman. COD sendiri dipandang lebih aman, pasalnya uang baru diserahkan ketika kurir menyerahkan barang langsung kepada kita.

 

Sebenarnya sistem COD ini sudah cukup lama dikenal di Indonesia, terlebih untuk “alumni” Tokobagus, Berniaga, hingga Kaskus Jual Beli.

 

Namun karena sekarang pelaku COD bergeser yakni yang asalnya dari penjual ke pembeli jadi dari kurir ke pembeli, maka tidak heran jika masih ada yang bingung mengenai konsep COD secara umum.

 

Dan salah satu yang dibingungkan adalah mengenai apakah COD bisa kembalian?

 

Apakah COD Bisa Kembalian?

Sistem COD tentunya bisa melayani kembalian uang jika uang yang diserahkan melebihi dari harga atau tarif yang ditentukan. Namun sangat disarankan untuk menyerahkan uang ke kurir dengan nominal yang pas.

 

Kenapa demikian? Pasalnya kurir yang melayani COD sekali pun sejatinya tidak dikhususkan untuk menyiapkan uang kembalian.

 

Jadi terkadang jika nominalnya nanggung misal harus ada kembalian Rp. 1000 atau Rp. 500, tentu itu jadi problem tersendiri dan dapat menghambat estimasi transaksi COD.

 

Oleh karenanya, diharapkan untuk kita menyiapkan nominal uang yang pas saat hendak menyerahkan uang pada kurir.

 

Atau jika kita tengah ada uang lebih, tidak ada salahnya untuk mengikhlaskan sejumlah uang kembalian pada kurir (hanya opsi).

 

Lebih Murah COD atau Transfer Ke Marketplace Online?

Pada beberapa kasus ketika sistem COD tengah promo, maka menggunakan sistem COD terbilang lebih murah.

 

Namun bila dibandingkan secara normal antara melakukan transfer ke marketplace online (misal Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dll) dan melakukan COD, maka biasanya harga akan lebih murah di transfer langsung ke marketplace online.

 

Pasalnya, biasanya akan ada biaya layanan pada sistem COD. Selain itu, biasanya estimasi waktu sampai pada paket COD ini terbilang lebih lama bila dibandingkan dengan paket reguler.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir  kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x