-->
★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Apa Itu Kaliper Motor ? Mari Bahas Bersama !!!

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dari kaliper motor.

 

Kaliper merupakan salah satu komponen yang penting pada sepeda motor bahkan pada kendaraan bermotor secara umum.

 

Kaliper ini termasuk pada sistem pengereman pada sepeda motor, dan karena menjadi bagian dari sistem pengereman, maka tidak heran jika kaliper menjadi komponen yang penting.

 

Pada sepeda motor, kaliper ini cukup menonjol posisinya. Jadi sekali pun kita masih awam, tentunya pasti kita pernah sesekali melihat benda yang bernama kaliper ini.

 

Ngomong-ngomong, apa itu kaliper motor?

 

Pengertian Kaliper Motor

Kaliper motor adalah bagian dari sistem pengereman hidrolik yang bertugas untuk menekan kampas rem agar mau bersentuhan secara langsung dengan piringan cakram.

 

Pada beberapa bengkel, kaliper rem pada motor ini juga kerap disebut sebagai pala atau kepala babi.

 

Jadi jangan heran jika kita mencari komponen kaliper di beberapa tempat, dan ada orang yang menyebut komponen tersebut sebagai kepala babi.

 

Fungsi Kaliper Motor

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kaliper rem motor ini fungsinya adalah untuk menekan kampas rem agar mau bersentuhan langsung dengan piringan cakram.

 

Saat kampas rem menekan piringan cakram, maka akan ada gesekan yang dapat menghambat laju motor agar nantinya motor dapat terhenti lajunya.

 

Adapun kaliper ini biasanya ada pada sistem pengereman hidrolik, dimana saat tuas rem ditekan, maka master rem akan menekan minyak rem, lalu minyak rem akan menekan piston di kaliper motor dan kaliper motor akan menekan kampas rem agar mau bergesekan dengan piringan cakram.

 

Model Kaliper Motor

Apa Itu Kaliper Motor ? Mari Bahas Bersama !!!

Secara umum, biasanya motor standar akan diberikan kaliper rem dengan 2 model. Model tersebut adalah kaliper dengan 1 piston dan dengan 2 piston.

 

Jadi kadang ada yang memberikan komposisi rem depan dengan kaliper 2 piston dan rem belakang dengan kaliper 1 piston.

 

Atau dengan komposisi rem depan menggunakan kaliper 1 piston dan rem belakang juga menggunakan kaliper 1 piston.

 

Tapi jika kita membeli kaliper rem aftermarket terutama kaliper rem untuk kebutuhan balapan, maka tak jarang kita juga akan menemukan kaliper rem dengan kontruksi 4 piston.

 

Kerusakan Yang Biasanya Menghinggapi Kaliper Motor

Pada dasarnya, kaliper rem ini merupakan komponen yang awet. Namun pada beberapa kondisi, kaliper rem dapat mengalami beberapa kerusakan sebagai berikut:

  • Seal piston macet
  • Seal piston bocor
  • Baut nap atau baut pembuangan angin patah
  • Baut nap atau baut pembuangan angin bocor
  • Minyak rem berkarat karena piston berkarat

 

Salah satu cara agar memperpanjang usia kaliper rem adalah dengan menggunakan minyak rem sesuai spesifikasi atau rekomendasi pabrikan.

 

Selain itu, pastikan kebersihan pada bagian kaliper rem (bagian kampas rem), hal tersebut bertujuan agar piston di kaliper rem tidak mudah berkarat atau pun macet karena kotoran.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


x