-->

Ukuran Ban Mio M3, Seberapa Besar Batas Ban Maksimalnya ??

Ukuran Ban Mio M3, Seberapa Besar Batas Ban Maksimalnya ??
Sumber: yamaha-motor.co.id


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran ban dari Mio M3.

 

Mio M3 merupakan salah satu varian motor metik dari Yamaha. Untuk sekarang sendiri, Mio M3 masih dipasarkan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

 

Baca JugaPerbedaan Antara Mio M3 Standar dan Mio M3 AKS SSS


Motor yang memiliki kubikasi sebesar 125 cc ini terbilang merupakan salah satu varian motor Mio yang cukup banyak peminatnya.

 

Pasalnya, baik unit baru maupun unit bekas dari Mio M3, tercatat masih cukup banyak yang mencarinya.

 

Bicara soal spesifikasi terlebih pada area velg dan ban, cukup sulit memang jika kami cari detailnya.

 

Terlebih kami sempat mencari informasi di laman resmi Yamaha Indonesia, namun nampaknya spesifikasi dari Yamaha M3 ini masih kurang detail terlebih pada sektor rangka dan kaki-kaki.

 

Ukuran Ban Mio M3

Dari beberapa penelusuran, ukuran ban Mio M3 adalah 70/90-14 pada bagian ban depan dan 80/90-14 pada bagian ban belakang. Ukuran velg depannya sendiri adalah 1,40x14 dan ukuran velg belakangnya adalah 1,60x14.

 

Maksud dari ukuran ban 70/90-14 adalah lebar bannya 70, ketinggian bannya 90 dan lingkar ban bagian dapannya adalah 14 inchi. Pun begitu dengan 80/90-14, maksudnya adalah lebar bannya 80, ketinggian bannya adalah 90 dan lingkar dalam dari bannya adalah 14 inchi.

 

Soal ukuran velg, arti dari 1,40x14 adalah lebar velgnya adalah 1,40 inchi, sedangkan diameter rimnya adalah 14 inchi. Hal tersebut juga berlaku pada 1,60x14, dimana lebar velgnya adalah 1,6 inchi dan diameter rimnya adalah sebesar 14 inchi.

 

Ukuran Ban Maksimal Untuk Mio M3

Mio M3 setidaknya mampu diaplikasikan ban depan berukuran 90/70-14 serta ban belakangnya berukuran 100/70-14. Namun rekomendasi ukuran ban yang ideal adalah 80/80-14 untuk ukuran ban depan, serta 90/80-14 untuk ukuran ban belakang.

 

Perlu diingat bahwa semakin kita memperbesar ukuran ban, maka akan berbanding terbalik dengan akselerasi dari motor.

 

Dimana semakin besar ukuran bannya, maka berkemungkinan besar akan membuat performa motor di jalan jadi lemot.

 

Namun ban besar punya keunggulan di tampilan serta di urusan handling serta grip pada jalan (syarat dan ketentuan berlaku).

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x