-->

Kamu calon konglomerat ya? kamu harus rajin belajar dan membaca, tapi jangan ditelan sendiri. Berbagilah dengan teman-teman yang tak dapat pendidikan. - Wiji Thukul




★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Motor Mio Tidak Bisa Hidup Tanpa Aki ? Ini Alasannya !!!

 

Motor Mio Tidak Bisa Hidup Tanpa Aki ? Ini Alasannya !!!
Mio Z. Sumber: yamaha-motor.co.id

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai alasan atau penyebab dari motor Mio yang tidak bisa hidup tanpa aki.

 

Mio merupakan motor berjenis metik yang pernah sukses merajai segmen motor metik di Indonesia.

 

Mio sendiri merupakan produk dari pabrikan Yamaha, tercatat cukup banyak varian dari Yamaha Mio dan sejauh ini Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih menjual varian dari Yamaha Mio.

 

Bicara soal Mio, ada satu fenomena yang biasanya dialami oleh Yamaha Mio yakni tidak bisa menyala atau tidak dapat hidup saat aki dilepas atau saat aki dalam keadaan soak.

 

Wah kenapa ya?

 

Penyebab Motor Mio Tidak Bisa Hidup Tanpa Aki

Biasanya yang mengalami ini adalah Yamaha Mio dengan jenis pengabutan injeksi. Alasan kenapa motor Mio tidak bisa hidup tanpa aki adalah karena Mio injeksi menggunakan pengisian dengan sistem 1 phase terbuka.

 

Pengisian ini mengusung sistem AC/ DC open charging yang dapat menghentikan proses pengisian daya listrik saat kondisi sudah terisi penuh.

 

Kelebihan dari sistem pengisian ini adalah kinerja aki jadi ringan dan berkemungkinan memperpanjang umur aki, tetapi kelemahannya adalah membuat sistem pengapian bergantung pada aki (sistem pengapian jadi DC).

 

Oleh karenanya jika aki sampai dicopot atau benar-benar rusak dan tidak ada tegangan, maka akan membuat motor jadi tidak dapat menyala atau mungkin dapat menyala namun jadi tersendat karena sistem pengapian tidak optimal.

 

Sekedar informasi, untuk sistem pengapian DC seperti Mio injeksi, maka minimal kita harus menggunakan aki dengan tegangan sebesar 5 volt (sangat tekor).

 

Dengan tegangan sebanyak 5 volt, setidaknya kita masih dapat melakukan engkol atau kick starter.

 

Namun jika sampai kurang dari 5 volt, maka motor benar-benar tidak dapat menyala atau sama dengan tidak menggunakan aki.

 

Selain itu, jangan pula berfikir untuk mencopot aki dan menghidupkan Yamaha Mio, pasalnya tindakan tersebut dapat menyebab komponen lain seperti spull dan kiprok mengalami kerusakan berupa gosong.

 

Nah jadi intinya, penyebab motor Yamaha Mio tidak bisa hidup tanpa aki adalah karena sistem pengapiannya berjenis DC.

 

Arus DC sendiri hanya dihasilkan oleh kiprok yang ditampungkan pada aki, jika aki sampai tidak ada atau dicopot, maka sistem pengapian yang memercikan api pada busi pun tidak akan bekerja.

 

Dengan demikian, motor pun tidak dapat hidup mesinnya dengan normal. Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel